Analisis dan Evaluasi User Interface Design untuk Usability menggunakan Metode Heuristic Evaluation pada Web Perusahaan Bioteknologi

Isi Artikel Utama

Sella Rabila
Sirojul Munir
Tifanny Nabarian
Davied Wismanindra

Abstrak

Dalam sebuah website haruslah memenuhi kebutuhan penggunanya. Tentunya pengguna saat mengakses sebuah website pasti untuk menemukan sebuah informasi yang dicarinya. Untuk itu perlu diperhatikan halaman web sudah memenuhi kebutuhan penggunanya. Dalam memperhatikan hal ini maka dilakukanlah evaluasi terhadap usablitas user interface pada website PT. Enzym Bioteknologi Internusa dengan umpan balik yang diberikan pengguna berdasarkan pengalamannya saat berinteraksi dengan website. Diharapkan dengan pengujian ini dapat diketahui hasil usability desain user interface pada website menggunakan metode Heuristics Evaluation dan hasil analisa dapat mengetahui pengaruh efektivitas, efisiensi, dan kualitas informasi yang dialami pengguna pada website. Metode pengujiannya dengan menggunakan Heuristics Evaluation, dengan sampel pengguna awam dan pengguna yang biasa mengakses website, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini responden menyetujui bahwa keseluruhan aspek Heuristics sudah cukup baik dan usabilitas pada website cukup mudah dipahami, tampilan sudah memenuhi harapan pengguna, dan informasi yang diberikan cukup sesuai dengan kenyataannya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rabila, S., Munir, S., Nabarian, T., & Wismanindra, D. (2022). Analisis dan Evaluasi User Interface Design untuk Usability menggunakan Metode Heuristic Evaluation pada Web Perusahaan Bioteknologi. Jurnal Informatika Terpadu, 8(2), 68–77. https://doi.org/10.54914/jit.v8i2.420
Bagian
Artikel

Referensi

M. Kasmawi and D. O. Nurhayati, “Information System Evaluation For Website Usability At The Higher Education,” International Conference on Information System for Business Competitiveness (ICISBC), 2013.

M. C. Mustikaningtyas, B. A. Saputra, and A. Pinandito, “Analisis Usability pada Website Universitas Brawijaya dengan Heuristic Evaluation,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, pp. 188– 192, 2016

E. Nugroho, “Desain Situs Reader Friendly,” Yogyakarta, 2009.

J. Rubin and D. Chisnell, “Handbook of Usibility Testing, How to Plan, Design, and Conduct Effective Test,” Wiley Publishing, 2008.

J. Nielsen, “Usability Engineering,” California: Morgan Kaufmann, 1993.

S. Utama, “Perbaikan User Interface Halaman Internet Banking dengan Metode Usability Testing,” Depok: Universitas Indonesia, 2011.

Krisnayani, “Analisa Usability pada Website Undiksha dengan menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 5, no. ISSN: 2252-9063, 2016.

J. Nielsen, “Heuristics Evaluation,” Sunsoft, 1995.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,” Bandung: Alfabeta, 2010.

S. Hadi, “Analisis Butir untuk Instrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai,” Yogyakarta: FP UGM, 1991.

R. F. A. Aziza and Y. T. Hidayat, “Analisa Usability Desain User Interface pada Website Tokopedia Menggunakan Metode Heuristics Evaluation,” J. Teknokompak, vol. Vol. 13 No, no. ISSN 1412- 9663, p. Hal 7-11, 2019.

S. Munir, A. Rahmatullah, H. Saptono and Y. Wirani, "Usability Evaluation using NAU Method on Web Design Technique for Web Portal Development in STT Nurul Fikri," 2019 Fourth International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 2019, pp. 1-6, doi: 10.1109/ICIC47613.2019.8985913.

P. Krisnayani, K. R. Arthana, and G. M. Darmawiguna, “Analisa Usability pada Website UNDIKSHA dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” J. Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 5, no. 2, 2016.

D. Caesaron, “Evaluasi Heuristic Desain Antar Muka (Interface) Portal Mahasiswa (Studi Kasus Portal Mahasiswa Universitas X),” J. Metris, vol. Vol. 16, p. 9-14, 2015.

F. N. Kerlinger, “Foundations of Behavioral Research,” New York : Holt Rinehart and Winston Inc., 1973.

T. Tullis dan B. Albert, “Measuring the User Experience Collecting, Analyzing, and Presenting Usability Metrics,” USA: Elsevier Inc, 2013.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>