Rancang Bangun Antarmuka berbasis Website Design Method (WDM) untuk Toko Baju Online

Penulis

  • Rahmatul Zakia STT Terpadu Nurul Fikri
  • Tifanny Nabarian STT Terpadu Nurul Fikri
  • Betty Amalia STT Terpadu Nurul Fikri

DOI:

https://doi.org/10.54914/jit.v9i1.620

Kata Kunci:

E-commerce, Prototype, Usability Testing, System Usability Scale, WSDM (Website Design Method)

Abstrak

Di Indonesia pertumbuhan e-commerce sangat cepat, setiap tahunnya mengalami pengingkatan yang cukup signifikan. Terjadinya peningkatan transaksi berbasis digital (e-commerce) dapat membantu meningkatkan suatu penjualan usaha. Usaha yang saat ini banyak dijalankan khusunya di kalangan anak-anak muda yaitu usaha thrifting (barang bekas). Toko thrift Pandeglang yang didirikan pada April 2021 ini merupakan toko yang menjual pakaian bekas baik import maupun non-import. Penjualan toko thrift Pandeglang saat ini melalui offline dan online. Permasalahan yang dihadapi oleh Toko Thrift Pandeglang adalah tidak adanya sistem informasi yang sesuai dengan toko thrift Pandeglang yang setiap harinya mengalami peningkatan dalam proses penjualan. Oleh karena itu, toko thrift Pandeglang membutuhkan sistem informasi yang dapat membantu dalam mempromosikan produk dan mengelola proses transaksi. Antarmuka website Toko Thrift Pandeglang dirancang berdasarkan kebutuhan pengguna dengan mengadaptasi pendekatan WSDM (Website Design Method). Prototype yang telah dirancang selanjutnya diuji dengan menggunakan usability testing yaitu system usability scale (SUS). Hasil pengujian menyatakan bahwa prototype website Toko Thrift Pandeglang telah memenuhi kebutuhan pengguna. Selain itu, hasil evaluasi menyatakan prototype website Toko Thrift Pandeglang memiliki usability yang sangat baik dengan skor system usability scale sebesar 91.01.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Firmansyah, ‘Kajian Kendala Implementasi E-Commerce Di Indonesia’, Masy. Telemat. Dan Inf. J. Penelit. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 8, no. 2, p. 127, 2018.

A. Josi, ‘Penerapan Metode Prototyping Dalam Membangun Website Desa (Studi Kasus Desa Sugihan Kecamatan Rambang)’, Jti, vol. 9, no. 1, pp. 50–57, 2017.

O. M. F. De Troyer, ‘WSDM: A user centered design method for Web sites’, Comput. Networks, vol. 30, no. 1–7, pp. 85–94, 1998.

A. Wafiqulul. Azmi, ‘PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP E-COMMERCE Disusun Oleh : Ahmad WafiQulul Azmi - 1211800038 Kelas E Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Manajemen Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya’, Skripsi, vol. 10, p. 10, 2021.

L. Durotul. Ummah, ‘Rancang Bangun E-Commerce Pada Toko Kerudung Nuri Collection Berbasis Customer Relationship Management’, Nuansa Inform., vol. 12, no. 2, pp. 10–17, 2018.

N., Ibrahim, and A. Ambarita, ‘Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada Pdam Kota Ternate’, IJIS - Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, 2018.

D. Deli, ‘Analisis User Interface pada Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Game Visual Novel’, J. Appl. Informatics Comput., vol. 5, no. 1, pp. 2548–6861, 2021.

R. Setyono and Adelia, ‘Implementasi Teori Ron Weber mengenai User Interface dan Input Website Penerimaan Mahasiswa baru’, Strategi, vol. 2, no. 2, pp. 443–455, 2020.

A. Yunus, ‘Perancangan Desain User Interface Pada Aplikasi Siakad Dengan Menggunakan Metode User Centered Design.’, User Interface, vol. 1, p. 95, 2014.

A. Aria. Razi, R. Mutiaz, and P. Setiawan, ‘Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer’, Desain Komun. Vis. Manaj. Desain dan Periklanan, vol. 3, no. 02, p. 219, 2018.

Mailoi, ‘PENGEMBANGAN PROTOTIPE APLIKASI COMMUNITY MENGGUNAKAN BALSAMIQ MOCKUP DAN FIGMA ( Studi Kasus : PT Mozaik Bintang Persada )’, Skripsi.(UIN Jakarta, p. 189, 2020.

Ananda Vickry Pratama, ‘Perancangan user interface (ui) dan user experience (ux) prototype aplikasi mobile ais menggunakan metode lean ux’, 2020.

M. Muraqabatullah, ‘Komparasi Perangkat Lunak High-Fidelity Prototyping : Marvel Dan Uxpin Pada Pengembangan Aplikasi Web Learning Management System ( Lms )’, Univ. Islam Indones., pp. 1–8, 2018.

M. Kania. Sabirah, ‘Model User Experience Aplikasi Pengenalan Belajar Membaca Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Metode Hierarchical Task Analysis’, vol. 2, no. 1, pp. 1713–1719, 2015.

R. Wisnu. Prio. Pamnungkas, A. D. Alexander, and A. Reza, ‘Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Menggunakan Website Design Methode Dalam Mendukung Tata Kelola Teknologi Informasi’, J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 3, no. 2, p. 201, 2019.

P. Wardani, Website Design Method (WSDM) untuk Pengembangan Website Organisasi (Studi Kasus : Komunitas Kagem Jogja)', vol. 1, pp. 105-112, 2019.

F. Galuh. Sembodo, G. F. Fitriana, and N. A. Prasetyo, ‘Evaluasi Usability Website Shopee Menggunakan System Usability Scale (SUS)’, J. Appl. Informatics Comput., vol. 5, no. 2, pp. 146–150, 2021.

A. Wibowo. Soejono, A. Setyanto, A. F. Sofyan, and W. Anova, ‘Evaluasi Usability Website UNRIYO Menggunakan S ystem Usability Scale ( Studi Kasus : Website UNRIYO )’, vol. XIII, pp. 29–37, 2018.

S. Wardani, I. Gusti. M. Darmawiguna, and N. Sugihartini, ‘Usability Testing Sesuai Dengan ISO 9241-11 Pada Sistem Informasi Program Pengalaman Lapangan Universitas Pendidikan Ganesha Ditinjau Dari Pengguna Mahasiswa’, Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 8, no. 2, p. 356, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-27

Cara Mengutip

Zakia, R., Nabarian, T. ., & Amalia, B. . (2023). Rancang Bangun Antarmuka berbasis Website Design Method (WDM) untuk Toko Baju Online. Jurnal Informatika Terpadu, 9(1), 24–33. https://doi.org/10.54914/jit.v9i1.620

Terbitan

Bagian

Artikel