Rancang Bangun Aplikasi Mobile Client CRM berbasis Android Studi Kasus CV Esindo Multi Tata

Isi Artikel Utama

Riyan Wahyudi
Sirojul Munir

Abstrak

CV Esindo Multi Tata adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa perpajakan yang berfokus pada bidang pelatihan perpajakan, akuntansi, dan pengembangan aplikasi terkait. Pada tahun 2014, untuk menunjang kebutuhan transaksi dengan pelanggan, CV Esindo Multi Tata membangun Sistem Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) bernama Esi-Crm berbasis web. Seiring dengan perkembangan model bisnis dan teknologi, serta kebutuhan dari berbagai pihak pengguna aplikasi Esi-CRM, ditemukan beberapa permasalahan yaitu pada proses transaksi penjualan, pembuatan tagihan, pengelolaan produk pelatihan, dan pemesanan produk  didapat  kurang efisien, terutama ketika diakses oleh pengguna menggunakan komputer desktop atau laptop, pengguna berkeinginan aplikasi dapat di akses dengan baik menggunakan perangkat mobile smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi Customer Relationship Management Berbasis mobile pada CV Esindo Multi Tata dengan menggunakan android native  yang mengakses database mysql melalui web service. Metode pengembangan yang digunakan dalam proses perancangan aplikasi ini adalah dengan waterfall dan diagram UML. Pengujian fungsional aplikasi menggunakan pengujian black box yang dilanjutkan dengan User Acceptance Test dan kuesioner pengguna. Dari penelitian ini didapat 100% fungsionalitas aplikasi mobile Esi-CRM berjalan dengan baik, dan hasil kuesioner untuk kelayakan aplikasi menggunakan skala ukur  likert didapat persentase kalayakan sebesar 93.75%,yang artinya aplikasi sangat layak digunakan serta dapat memudahkan dan mengefisiensikan pekerjaan pengguna.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wahyudi, R., & Munir, S. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Client CRM berbasis Android Studi Kasus CV Esindo Multi Tata. Jurnal Informatika Terpadu, 4(2), 34–39. https://doi.org/10.54914/jit.v4i2.151
Bagian
Artikel

Referensi

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, “Profil Pengguna Internet 2017,” 2017.

R. E. Kalalo, “Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Konsumen PT Matahari Dept. Store, Manado,” Jurnal EMBA, Vol.1, No. 4, pp. 1553-1561, 2013.

“Profil CV Esindo Multi Tata,” Esindo Multi Tata Web, 2015, [Online]. Available: http://esindo.net/tentang-esindo/

Kotler & Armstrong, “Prinsip-Prinsip Marketing,” edisi ketujuh. Jakarta: Salemba Empat, 2004.

M. Kotabe & K. Helsen, “Global Marketing Management,” Third Edition, Wiley International Edition, 2004.

Arifianto & Teguh, “Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren Dengan LWIT,” Yogyakarta: Andi Offset, 2011.

E. Sutanta and K. Mustofa, “Kebutuhan Web Service untuk Sinkronisasi Data Antar Sistem Informasi dalam E-Gov di Pemkab Bantul Yogyakarta,” Tek. Inform. - STMIK Bandung, 2012.

I. S. Mathiassen et al, “Metode Waterfall,” p. 13, 2000.

Y. Sugiarti, “Analisis dan Perancangan UML (Unified Modeling Language),” Generated VB. 6, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Arikunto, Suharsimi, “Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan,” Jakarta: Bumi, 2009.

Dyche, J. “The CRM Handbook: A Business Guide to Customer Relationship Management,” Addison-Wesley, 2002.

R. Kalakota & M. Robinson, “E-Business 2.0: Roadmap for Success,” 2001.

Nugroho, B., “Database Relasional dengan MySQL,” Yogyakarta: Andi, 2004.

Payne, A, “Handbook of CRM. Elsevier Butterworth-Heinemann,” 2005.

Pressman, Roger S., “Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku 1),” Edisi 2, Andi : Yogyakarta, 2002.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>