Rancang Bangun Aplikasi Mobile Client CRM berbasis Android Studi Kasus CV Esindo Multi Tata
DOI:
https://doi.org/10.54914/jit.v4i2.151Kata Kunci:
Aplikasi Mobile, CRM, CV Esindo Multi TataAbstrak
CV Esindo Multi Tata adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa perpajakan yang berfokus pada bidang pelatihan perpajakan, akuntansi, dan pengembangan aplikasi terkait. Pada tahun 2014, untuk menunjang kebutuhan transaksi dengan pelanggan, CV Esindo Multi Tata membangun Sistem Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) bernama Esi-Crm berbasis web. Seiring dengan perkembangan model bisnis dan teknologi, serta kebutuhan dari berbagai pihak pengguna aplikasi Esi-CRM, ditemukan beberapa permasalahan yaitu pada proses transaksi penjualan, pembuatan tagihan, pengelolaan produk pelatihan, dan pemesanan produk didapat kurang efisien, terutama ketika diakses oleh pengguna menggunakan komputer desktop atau laptop, pengguna berkeinginan aplikasi dapat di akses dengan baik menggunakan perangkat mobile smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi Customer Relationship Management Berbasis mobile pada CV Esindo Multi Tata dengan menggunakan android native yang mengakses database mysql melalui web service. Metode pengembangan yang digunakan dalam proses perancangan aplikasi ini adalah dengan waterfall dan diagram UML. Pengujian fungsional aplikasi menggunakan pengujian black box yang dilanjutkan dengan User Acceptance Test dan kuesioner pengguna. Dari penelitian ini didapat 100% fungsionalitas aplikasi mobile Esi-CRM berjalan dengan baik, dan hasil kuesioner untuk kelayakan aplikasi menggunakan skala ukur likert didapat persentase kalayakan sebesar 93.75%,yang artinya aplikasi sangat layak digunakan serta dapat memudahkan dan mengefisiensikan pekerjaan pengguna.
Unduhan
Referensi
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, “Profil Pengguna Internet 2017,†2017.
R. E. Kalalo, “Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Konsumen PT Matahari Dept. Store, Manado,†Jurnal EMBA, Vol.1, No. 4, pp. 1553-1561, 2013.
“Profil CV Esindo Multi Tata,†Esindo Multi Tata Web, 2015, [Online]. Available: http://esindo.net/tentang-esindo/
Kotler & Armstrong, “Prinsip-Prinsip Marketing,†edisi ketujuh. Jakarta: Salemba Empat, 2004.
M. Kotabe & K. Helsen, “Global Marketing Management,†Third Edition, Wiley International Edition, 2004.
Arifianto & Teguh, “Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren Dengan LWIT,†Yogyakarta: Andi Offset, 2011.
E. Sutanta and K. Mustofa, “Kebutuhan Web Service untuk Sinkronisasi Data Antar Sistem Informasi dalam E-Gov di Pemkab Bantul Yogyakarta,†Tek. Inform. - STMIK Bandung, 2012.
I. S. Mathiassen et al, “Metode Waterfall,†p. 13, 2000.
Y. Sugiarti, “Analisis dan Perancangan UML (Unified Modeling Language),†Generated VB. 6, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
Arikunto, Suharsimi, “Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan,†Jakarta: Bumi, 2009.
Dyche, J. “The CRM Handbook: A Business Guide to Customer Relationship Management,†Addison-Wesley, 2002.
R. Kalakota & M. Robinson, “E-Business 2.0: Roadmap for Success,†2001.
Nugroho, B., “Database Relasional dengan MySQL,†Yogyakarta: Andi, 2004.
Payne, A, “Handbook of CRM. Elsevier Butterworth-Heinemann,†2005.
Pressman, Roger S., “Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku 1),†Edisi 2, Andi : Yogyakarta, 2002.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Informatika Terpadu
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.