Rancang Bangun Website Customer Relationship Management (CRM) pada Modul Akuntansi Studi Kasus CV Esindo Multi Tata

Penulis

  • Muhammad Rizky Arinugraha Putra STT Terpadu Nurul Fikri
  • Sirojul Munir STT Terpadu Nurul Fikri

DOI:

https://doi.org/10.54914/jit.v5i1.176

Kata Kunci:

Akuntansi, CRM, Waterfall, UML, Aplikasi Web

Abstrak

CV Esindo Multi Tata adalah perusahaan jasa konsultan bidang perpajakan, akuntansi dan sistem payroll. Dalam pengelolaan pelanggannya CV Esindo Multi Tata telah memiliki sistem bernama Esi-CRM, yaitu aplikasi berbasis web yang memiliki empat modul utama yaitu modul marketing, modul pelanggan, modul operasional dan modul pelaporan. Pada perkembangannya CV Esindo Multi Tata ingin menambahkan modul akuntansi untuk otomatisasi proses jurnal pada transaksi yang terdapat pada modul pelanggan dan operasional. Pada peneliitian ini dilakukan analisis dan perancangan modul akuntansi pada aplikasi Esi-CRM dengan menggunakan metode pengembangan software waterfall dan diagram UML. Hasil pengujian prototype aplikasi menggunakan black box testing dinyatakan modul akuntansi sudah 100% berjalan dengan baik, dan hasil pengujian penerimaan user (UAT) memiliki nilai kelayakan sebesar 94.28% atau modul aplikasi dinyatakan diterima user dan dapat digunakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Esindo Multi Tata, “Tentang Kami,†26 Mei 2018. [Online]. Available: http://esindo.net/tentang-esindo/

C. Rainer, “Introduction to Information Systems,†John Wiley & Sons, Inc, 2013.

J. W. J. R. B. B. S. D. Satzinger, “Systems Analysis and Design in a Changing World,†Course Technology, 2009.

A. Mahatmyo, “Sistem Informasi Akuntansi-Suatu Pengantar,†Deepublish, 2015.

Y. P. Shatu, “Kuasai Detail Akuntansi Laba dan Rugi,†Pustaka Ilmu Semesta, 2016.

R. S. Pressman, “Approach, Software Engineering: A Practitioner's,†McGraw-Hill Education, 2010.

H. Gomaa, “Software Modeling and Design,†Cambridge University Press, 2011.

B. M. Roger S. Pressman, “Software Engineering: A Practitioner's Approach,†McGraw-Hill Education, 2014.

P. v. G. Brian Hambling, “User Acceptance Testing: A Step-by-step Guide,†BCS Learning & Development Limited, 2013.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan,†Bandung: ALFABETA, 2011.

Unduhan

Diterbitkan

20-03-2019

Cara Mengutip

Putra, M. R. A., & Munir, S. (2019). Rancang Bangun Website Customer Relationship Management (CRM) pada Modul Akuntansi Studi Kasus CV Esindo Multi Tata. Jurnal Informatika Terpadu, 5(1), 24–29. https://doi.org/10.54914/jit.v5i1.176

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>