Analisis dan Perancangan Website Penerimaan Beasiswa untuk Pesantren berbasis MVC

Isi Artikel Utama

Ridwansyah
Sirojul Munir
Tri Mukhlison Anugrah

Abstrak

Tes survei kondisi sosial ekonomi adalah salah satu syarat kelulusan penerima beasiswa Pesantren PeTIK YBM PLN Depok yang dilakukan oleh panitia. Namun yang saat ini terjadi, proses pengelolaan masih dilakukan secara manual sehingga kurang efektif dan efisien. Dalam penelitian akan dibuat dan diimplementasikan  perancangan aplikasi survei calon penerima beasiswa berbasis web di Pesantren PeTIK menggunakan teknologi framework Laravel dan MySQL sebagai database serta Grafana sebagai dashboard informasi sistem. Penggunaan metode extreme programming dalam pengembangan aplikasi dikombinasikan dengan penggunaan diagram UML untuk dokumentasi desain. Adapun pengujian sistem menggunakan metode blackbox yang dilakukan oleh penulis, metode user acceptance tes yang dilakukan oleh user penguji serta kuesioner dari user penguji sebagai bahan penilaian aplikasi. Hasil penelitian berupa aplikasi survei calon penerima beasiswa berbasis web beserta implementasi MVC Framework yang dapat membantu pengelola dalam melakukan pengelolaan data survei dan memudahkan dalam pengembangan sistem ke depannya. Hasil pengujian fungsional aplikasi menggunakan blackbox testing disimpulkan berhasil dengan persentase penilaian 100%, sedangkan pengujian oleh user dengan metode User Acceptance Test didapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan oleh user dengan persentase 100%%. Aplikasi Survei Calon Penerima Beasiswa Berbasis Web dapat membantu pengelolaan data survei calon penerima beasiswa di Pesantren PeTIK berdasarkan hasil kuesioner dari user yang menyatakan Sangat Setuju dengan nilai skor 92,5%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ridwansyah, Munir, S. ., & Anugrah, T. M. (2023). Analisis dan Perancangan Website Penerimaan Beasiswa untuk Pesantren berbasis MVC. Jurnal Informatika Terpadu, 9(1), 45–51. https://doi.org/10.54914/jit.v9i1.559
Bagian
Artikel

Referensi

Yakub, Pengantar Sistem Informasi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Sutarman, Pengantar Teknologi Informasi, Jakarta: Bumi Aksara, pp. 147, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2014.

A. H. Sutopo, Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Sidik, Betha, Pemrograman Web PHP Dengan PHP7, Bandung: Informatika Bandung, 2016.

Aminudin, Cara Efektif Belajar Framework Laravel, Yogyakarta: CV. Lokomedia, 2015.

A. Hanafi, “Apa itu Web Server dan Fungsinya”, 27 Januari 2021. [Online]. Available: https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-web-server-dan-fungsinya/ [Accessed 7 Desember 2021].

Munawar, Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML, Bandung: Informatika Bandung, 2018.

E. Y. Lubis, “Installasi Grafana Dan Membuat ICMP Monitoring Dari Datasource Zabbix,” Computer, 2020.

Sidik, Betha, Pemrograman Database MySQL dengan PHP7, Bandung: Informatika Bandung, 2019.

M. Syaukani, Mengelola Data Pada MySQL Server Menggunakan Visual Fox Pro 8, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2005.

A. Revandra dan Y. Wirani, “Analisis dan Perancangan Sistem Repositori Tugas menggunakan Framework Website MVC Studi Kasus STT Terpadu Nurul Fikri”, j. inform. terpadu, vol. 6, no. 2, hlm. 89-95, Sep 2020.

M. A. L. I. Nurdin, I. Hermawan, and M. Kom, “Analisis dan Pengembangan Aplikasi Inhouse Klinik Perusahaan Menggunakan Framework Codeigniter, Studi Kasus Pt Reckitt Benckiser Indonesia,” J. Inform. Terpadu, 2017.

V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 128–137, 2019.

Sirojul, “Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Framework MVC Pada Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri”, j. inform. terpadu, vol. 2, no. 1, Jul 2016.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>