Pengembangan Geographic Information System (GIS) guna Pengelolaan Komoditas Tanaman Cabai

Isi Artikel Utama

Karina Sukmawati
Amalia Rahmah

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada implementasi sistem informasi geografis menggunakan software ArcGIS 10.8 untuk pengelolaan perkebunan cabai di Desa Clekatakan Kab. Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah implementasi sistem informasi geografis (SIG) pengelolaan perkebunan cabai yang dapat menampilkan persebaran luas perkebunan dan merancang SIG yang mempunyai fitur menghitung prediksi produksi cabai di tahun selanjutnya, serta mengetahui hasil evaluasi dari implementasi sistem yang dibuat. Metode pengembangan yang digunakan adalah Ratioanal Unified Process (RUP). Penelitian ini bersifat mix method, yaitu kombinasi jenis penelitain kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk merancang SIG yang akan diimplemetasi. Penelitian kuantitatif untuk pengeolahan data prediksi produksi. Untuk melakukan prediksi menggunakan metode forecasting (peramalan)  Double Exponential Smoothing Holt. Hasil penelitian ini adalah penyajian informasi pemetaan perkebunan menggunakan Arcgis 10.8 untuk pengelolaan perkebunan cabai. Hasil evaluasi sistem menggunakan metode Black Box dan User Acceptance Test  (UAT) yang dilakukan oleh user menyatakan bahwa sistem berhasil diimplementasi dan cukup membantu untuk memonitoring perkebunan cabai di Desa Clekatakan. Sistem yang dibuat dalam penelitian ini berhasil merancang peta sebaran luas perkebunan cabai dan informasi perkebunan lainnya, serta prediksi masa panen dengen menggunakan software ArcGIS Dekstop 10.8. Fitur prediksi produksi berhasil diimplementasi di sistem yang berbeda yaitu diimplementasi di Microsoft Excel.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sukmawati, K., & Rahmah, A. (2022). Pengembangan Geographic Information System (GIS) guna Pengelolaan Komoditas Tanaman Cabai. Jurnal Informatika Terpadu, 8(2), 78-84. https://doi.org/10.54914/jit.v8i2.458
Bagian
Artikel

Referensi

M. E. Nurvitasari, "Dinamika Perkembangan Komoditas Cabai Merah Di Kabupaten Jember," Jember: Universitas Jember, 2017.

K. Hamidah, R. Syahni and R. Sari, "Analisis Permintaan Cabai Merah Besar di Kota Padang Sumatra Barat," Journal of Extension and Development, p. 63, 2020.

F. Akmal, F. Ramdani and A. Pinandito, "Sistem Informasi Pengelolaan Perkebunan Kelapa Sawit Berbasis Web GIS," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, p. 1895, 2018.

I. R. Akolo, "Perbandingan Exponential Smoothing Holt-Winters dan Arima Pada Peramalan Produksi Padi Di Provinsi Gorontalo," JTech, p. 21, 2019.

R. Suryani, "Outlook Cabai Komoditas Pertanian Subsektor Hortikultura," Jakarta: Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jendral Kementerian Pertanian, 2019.

R. Ariyanto, D. Puspitasari and F. Ericawati, "Penerapan Metode Double Exponential Smoothing Pada Peramalan Produksi Tanaman Pangan," Jurnal Informatika Polinema, p. 58, 2017.

T. K. Tia and W. A. K, "Model Simulasi Pengembangan Perangkat Lunak Menggunakan Rational Unified Process (RUP)," Enginering and Sains Journal, p. 33, 2018.

W. N. Suherman, "Pengembangan Sistem Informasi Geografis Menggunakan Unified Software Development Process," Bandung: Universitas Widyatama, 2018.

G. W. Aji dan U. Chotijah, “Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru berbasis Web (Studi Kasus: SLB Muhammadiyah Golokan Kecamatan Sidayu),” j. teknologi terpadu, vol. 8, no. 1, hlm. 47-56, 2022.

M. F. Hilmi dan H. A. Tawakal, “Perancangan dan Pengembangan Sistem Pembelian Pre Order berbasis Website untuk Transaksi Jual Beli Produk Cabai," j. inform. terpadu, vol. 7, no. 2, hlm. 108-117, 2021.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama