Analisis dan Pengembangan Sistem Pengelolaan Digital Signage berbasis Media TV pada Aplikasi Perguruan Tinggi

Isi Artikel Utama

Ibrahim Syafiq Musyaffa
Amalia Rahmah

Abstrak

Digital signage merupakan salah satu media elektronik yang berfungsi untuk menampilkan informasi. STT Terpadu Nurul Fikri sendiri saat ini sudah menggunakan televisi kampus sebagai papan informasi digital (digital signage) untuk menampilkan berbagai informasi seperti video pengumuman, kegiatan mahasiswa, dan video profil kampus. Namun, pengelolaan konten digital signage belum maksimal dikarenakan penggunaan cara manual menggunakan flashdisk yang terhubung langsung ke televisi. Hal tersebut menyebabkan konten yang dapat ditampilkan terbatas pada format video saja. Dalam penelitian ini penulis membangun sebuah sistem informasi pengelola digital signage yang diberi nama Nufi TV. Sistem ini berbasiskan web yang dibangun menggunakan framework PHP CodeIgniter. Penulis melakukan pengembangan sistem digital signage Nufi TV dengan melalui beberapa rangkaian tahapan. Dimulai dari pengumpulan data, melakukan analisis, membuat rancangan tampilan sistem, implementasi, pengujian dengan metode black-box dan UAT dan mengevaluasi hasil yan dicapai. Beberapa fitur yang berhasil penulis bangun dalam sistem ini yaitu pengelola video, pengelola jadwal perkuliahan dan penampil running text. Namun, terdapat fitur yang belum berhasil dibuat yaitu fitur pengajuan konten dan penampil gambar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Musyaffa, I. S., & Rahmah, A. (2021). Analisis dan Pengembangan Sistem Pengelolaan Digital Signage berbasis Media TV pada Aplikasi Perguruan Tinggi. Jurnal Informatika Terpadu, 7(2), 75–79. https://doi.org/10.54914/jit.v7i2.367
Bagian
Artikel

Referensi

J. Simarmata, "Rekayasa Web," Yogyakarta: Penerbit Andi, 2010.

Supono and V. Putratama, "Pemrograman WEB dengan menggunakan PHP dan Framework Codeigniter," Yogyakarta: Deepublish, 2016.

L. I. Lundstrom, "Digital Signage Broadcasting: Content Management and Distribution Techniques," Focal Press, 2008.

A. Mulyana and M. Aria, "Perancangan Digital Signage sebagai Papan Informasi Digital," Majalah Ilmiah UNIKOM, vol. 13, no. 2, pp. 111-118, 2015.

R. Panuntun, A. F. Rochim, K. T. Martono, "Perancangan Papan Informasi Digital Berbasis Web pada Raspberry PI," Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 3, no. 2, pp. 192-197, 2015.

I. Wijaya, T. Sutanto, and A. Sukmaaji, "Rancang Bangun Digital Signage Sistem Antrian Elektronik Secara Interaktif dan Real-Time Monitoring Pada Koperasi Setia Bhakti Wanita," JSIKA, vol. 5, no. 4, pp. 1-8, 2016.

K. A. Hafizd and M. Aolia, "Angkasa Pura Digital Signage pada Bandar Udara Syamsudinnor Banjarmasin," Jurnal INTENSIF, vol. 1, no. 2, pp. 117-128, 2017.

D. W. Utomo, D. Kurniawan, and Y. P. Astuti, "Teknik Pengujian Perangkat Lunak dalam Evaluasi Sistem Layanan Pemantauan Haji Pada Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah," Jurnal SIMETRIS, vol. 9, no. 2, pp. 731-746, 2018.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama