Pengembangan Sistem Informasi Wisuda berbasis Web menggunakan Model MVC

Isi Artikel Utama

Muhamad Idris
Amalia Rahmah

Abstrak

Penggunaan website sebagai sistem informasi guna mendukung kegiatan internal menjadi salah satu faktor keberhasilan dan kemajuan instansi pendidikan. Salah satunya pemanfaatan sistem informasi untuk memfasilitasi sivitas akademik dalam melakukan pendaftaran wisuda. Pada STT Nurul Fikri proses pendaftaran wisuda masih dilakukan dengan cara manual dan terlalu menyita waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sistem informasi pendaftaran wisuda (SIPUDA) berbasis website menggunakan framework Yii 2. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan proses pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sistem informasi pendaftaran wisuda yang dapat membantu memudahkan mahasiswa dalam melakukan pendaftaran wisuda pada STT Nurul Fikri kapanpun dan dimanapun berada tanpa harus menyita banyak waktu. Namun, terdapat fitur yang belum berhasil dibuat yaitu fitur notifikasi yang terintegrasi langsung dengan email mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Idris, M., & Rahmah, A. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Wisuda berbasis Web menggunakan Model MVC. Jurnal Informatika Terpadu, 8(2), 62–67. https://doi.org/10.54914/jit.v8i2.419
Bagian
Artikel

Referensi

T. Notohadiprawiro, “Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah,” Yogyakarta: Repro, Ilmu Tanah Universitas Gadjah Mada, 2006.

Kemdikbud, “Pengertian Pendaftaran,” (Online). Available: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Pendaftaran, [Accessed 13 11 2019]

D. M. Jingga, "Sistem Informasi Pendaftaran Wisuda Online (Studi Kasus: UIN Jakarta)," 2009.

D. Sri, "Pengantar Unified Modeling Language (UML),” 2003.

Yii 2, “Yii,” (Online). Available: https://www.yiiframework.com/doc/guide/2.0/id/intro-yii, [Accessed 04 June 2019].

M. E. Khan, “Different Approaches To Black Box Testing Technique For Finding Errors,” 2011.

E. P. William, “Effective Methods for Software Testing,” 3rd Edition, Wiley Publishing Inc., Indianapolis, Indiana, 2006.

M. A. Arianto, S. Munir, K. Khotimah, “Analisis dan Perancangan Representational State Transfer (REST) Web Service Sistem Informasi Akademik STT Terpadu Nurul Fikri menggunakan Yii Framework,” j. teknologi terpadu, vol. 2, no. 2, 2017.

S. Mazaya, S. Munir, “Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Praktik Kerja Lapangan Berbasis Web Menggunakan MVC Framework Studi Kasus SMK Taruna Bhakti Depok,” j. teknologi terpadu, vol. 5, no. 1, 2019.

P. Kurniawati, “Pengujian Sistem,” medium.com, Oktober 2018, [Online]. Available: https://medium.com/skyshidigital/pengujian-sistem-52940ee98c77

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama