Pengembangan Aplikasi Doa Harian menggunakan Metode Hybrid untuk Web dan Mobile

Isi Artikel Utama

Faisal Ayash Fikrian
Ahmad Rio Adriansyah

Abstrak

Doa merupakan salah satu rangkaian ibadah yang mempunyai keterkaitan dengan kesempurnaan iman seorang muslim. Dalam Islam doa sangatlah banyak, agar seorang muslim dapat mengingat doa-doa harian mereka dibutuhkan media yang dapat memfasilitasinya. Media yang mudah digunakan dan hampir setiap orang memilikinya adalah smartphone. Saat ini aplikasi doa pada smartphone sudah banyak dikembangkan, tetapi berdasarkan survei dan observasi yang dilakukan penulis kepada pengguna aplikasi doa terdapat kekurangan yang dirasakan, antara lain: iklan yang mengganggu, tampilan antarmuka kurang menarik, tulisan yang kurang jelas, dan performa yang lambat. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi kumpulan doa yang menarik dan nyaman digunakan. Aplikasi ini dibangun dengan beberapa teknologi, antara lain: Framework React Native dan Laravel. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Waterfall dan menggunakan UML Diagram sebagai sistem perancangannya. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi kumpulan doa berbasis Android dengan beberapa fitur, yaitu: list doa, pencarian doa, doa favorit, pengingat doa, kategori doa, berbagi doa, dan admin pengelola doa. Berdasarkan pengujian System Usability Scale dengan hasil nilai rata-rata lebih dari 85 poin, dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi kumpulan doa yang telah dibangun pada penelitian ini menarik dan nyaman digunakan oleh seorang muslim.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fikrian, F. A., & Adriansyah, A. R. (2022). Pengembangan Aplikasi Doa Harian menggunakan Metode Hybrid untuk Web dan Mobile. Jurnal Informatika Terpadu, 8(2), 93–103. https://doi.org/10.54914/jit.v8i2.485
Bagian
Artikel

Referensi

S. M. Hetal, "Kumpulan Doa Harian Terlengkap Sepanjang Masa," Surakarta: Referensi Terpercaya, 2013.

A. J. M. Masykhur, "Doa Ajaran Ilahi," Hikmah, 2008.

Herlinah and Musliadi KH, "Mengenal Android," in Pemrograman Aplikasi Android dengan Android Studio, Photoshop, dan Audition, Jakarta, PT Elex Media Komputindo, 2019, pp. 1-2.

B. Eisenman, "Learning React Native: Building Native Mobile Apps With Javascript," California: O'Reilly Media Inc, 2015.

S. Nurhidayah, M. N. Fauzan and W. I. Rahayu, "Pemrograman Web," in Implementasi Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dengan PHP, Bandung, Kreatif Industri Nusantara, pp. 13-14, 2020.

J. Webber, S. Parastatidis, and I. Robinson,"REST in Practice," United States: O’Reilly Media, Inc, 2010.

C. Pautasso, "RESTful Web Service composition with BPEL for REST," Data & Knowledge Engineering, vol. 68, pp. 851-866, 2009.

T. Butler and K. Yank, "PHP & MySQL: Novice to Ninja," 6th Edition, SitePoint, 2017.

R. Susanto and A. D. Andriana, "Perbandingan Model Waterfall dan Prototyping untuk Pengambangan Sistem Informasi," Majalah Ilmiah UNIKOM, vol. 14, no. 1, 2016.

S. Dharwiyanti and R. S. Wahono, "Pengantar Unified Modeling Language (UML)," Ilmu Komputer, 2013.

T. S. Jaya, "Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung," Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol. 03, no. 02, pp. 45-48, 2018.

E. Andriyanto, et al., "Evaluasi Usability untuk Mengukur Penggunaan Website Event Organizer," Seminar Nasional Informatika (SNIf), vol. 1, no. 1, 2017.

J. Rubin and D. Chisnell, "Handbook of Usability Testing, How to Plan, Design, and Conduct Effective Test," Indianapolis: Wiley Publishing, 2008.

W. Handiwidjojo and L. Ernawati, "Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus: Duta Wacana Internal Transaction (Duwit)," JUISI, vol. 02, no. 01, pp. 50-51, 2016.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama