Pengembangan Aplikasi Katalog dan Manajemen Dokumen bertipe PDF untuk Ebook berbasis Website

Isi Artikel Utama

Ridwan Subula
Ahmad Rio Adriansyah

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan katalog file digital pdf ebook yang disediakan oleh para penyedia ebook online untuk menyimpan, mendokumentasikan serta mendesiminasikan buku elektronik ke publik. Penelitian ini bertujuan untuk membangun katalog file digital yang baik, teratur, dan rapi dengan tampilan yang modern. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi metode Action Research dengan prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, klasifikasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ebook atau buku elektronik dan file digital begitu penting kehadirannya pada era modern saat ini, dengan adanya pengembangan aplikasi katalog digital berbasis website, maka ebook maupun file digital yang telah di dokumentasi mampu ditemukan pada satu platform berbasis website tanpa perlu melalui pencarian yang rumit, dan terhindar dari website penyedia file out of date, sehingga user akan mendapatkan suatu pengalaman baru dalam mengakses serta mempelajari file digital yang tersedia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Subula, R., & Adriansyah, A. R. (2021). Pengembangan Aplikasi Katalog dan Manajemen Dokumen bertipe PDF untuk Ebook berbasis Website. Jurnal Informatika Terpadu, 7(2), 94–107. https://doi.org/10.54914/jit.v7i2.372
Bagian
Artikel

Referensi

W. Suwarno, “Perpustakaan dan Buku: Wacana Penulisan dan Penerbitan,” Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

P. B. Putera, “Ebook dan Pasar Perbukuan Kini,” lipi.go.id, 2011, [Online]. Available: http://lipi.go.id/berita/single/ebook-dan-pasar-perbuk uan-kini/6669 [Diakses pada 22 Februari 2021]

Muhammad Alwan, “Pengembangan Multimedia E-Book 3D Berbasis Mobile Learning Untuk Mata Pelajaran Geografi SMA Guna Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh,” Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, Vol. 1, No.2, hal. 29, 2018.

N. Jannah, N. Fadiawati, & L. Tania, “Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Fenomena Kehidupan Sehari-Hari Tentang Pemisahan Campuran,” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, Vol. 6, No.1, hal.186-198, 2017.

Yusnimar, “E-Book dan Pengguna Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Jakarta,” Jurnal Komunikasi Dan Informasi Perpustakaan Al-Maktabah, Vol. 13, No.1, hal. 34-39, 2014.

Sutirman, N. S. Wijayanti, & Purwanto, “Studi Tentang Implementasi Sistem Manajemen Arsip Elektronik pada Kantor Pemerintahan Kota Yogyakarta,” Jurnal Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, Vol. 14, No. 1, hal. 70-73, 2016.

J. Hasugian, “Katalog Perpustakaan: Dari Katalog Manual Sampai Katalog Online (OPAC),” Medan: Perpustakaan Universitas Sumatera Utara, 2001.

P. T. Pendit, “Perpustakaan Digital: Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia,” Jakarta: Perpustakaan Universitas Indonesia, 2005.

H. A. B. Hakim, “Digitalisasi Katalog Pameran Dalam Pengembangan Image Repository: Studi Analisis Proses Di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta,” Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, Vol. 8, No. 1, hal. 88-103, 2016.

D. Linda, “Merancang E-Katalog Berbasis Website Sebagai Media Informasi pada Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah (BPAD) Lampung,” Jurnal Sistem Informasi & Telematika (Telekomunikasi, Multimedia & Informatika), Vol. 7, No. 1, hal. 1-11, 2016.

Safriansyah, dkk. “Pemanfaatan Digital Library Pada Perpustakaan Kampung Pendidikan Desa Kuajang Kabupaten Polewali Mandar,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1): 27-33, 2020.

Y. Widayanti, “Pengelolaan Perpustakaan Digital,” Jawa Tengah: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus, 2015.

Gunawan, “Makalah untuk Pertemuan Dosen UKDW yang akan melaksanakan Penelitian pada Tahun 2005,” Yogyakarta: Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta, 2004.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama