Analisis dan Perancangan Aplikasi Chatbot dalam Pelayanan Penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi

Isi Artikel Utama

Muhammad Rizki Herfian
Ahmad Rio Adriansyah

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat Chatbot yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan umum seputar informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pada Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri (STT-NF). Manfaat dari penelitian ini yaitu membantu pengguna atau calon mahasiswa baru untuk mendapatkan informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pada STT-NF. Penelitian diawali dengan Analisis Sistem Chatbot dan Studi Literatur Pembuatan Chatbot. Kemudian Chatbot diimplementasikan menggunakan Messaging API Telegram dengan menggunakan bahasa pemrograman Python Program diuji dengan menggunakan metode Black Box Testing sedangkan pengujian kepada user menggunakan metode User Acceptance Testing (UAT) dan Kuesioner.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penulis telah berhasil merancang dan membuat sebuah Chatbot yang dapat membantu pengguna atau calon mahasiswa baru untuk mendapatkan informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pada Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Herfian, M. R., & Adriansyah, A. R. (2021). Analisis dan Perancangan Aplikasi Chatbot dalam Pelayanan Penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi. Jurnal Informatika Terpadu, 7(2), 87–93. https://doi.org/10.54914/jit.v7i2.370
Bagian
Artikel

Referensi

J. T. Campbell, Web Design: Introductory, 6 ed. Boston: Chengage Learning, 2017.

G. Charlton, “Consumers prefer live chat for customer service: stats,” Econsultancy, Nov. 25, 2013. https://econsultancy.com/consumers-prefer-live-chat-for-customer-service-stats/ (accessed Jul. 26, 2020).

“Chatbot vs. Live Chat: Which is Winning in Customer Service?,” Acquire, Sep. 04, 2017. https://acquire.io/blog/Chatbot-vs-live-chat/ (accessed Jul. 26, 2020).

M. B. Chaniago and A. Junaidi, “Student Presence Using RFID and Telegram Messenger Application,” p. 5.

Accenture, “Chatbots In Customer Service,” 2016.

D. Korotaeva, M. Khlopotov, A. Makarenko, E. Chikshova, N. Startseva, and A. Chemysheva, “Botanicum: a Telegram Bot for Tree Classification,” in 2018 22nd Conference of Open Innovations Association (FRUCT), Jyvaskyla, May 2018, pp. 88–93, doi: 10.23919/FRUCT.2018.8468278.

R. Nufusula and A. Susanto, “Rancang Bangun Chat Bot Pada Server Pulsa Menggunakan Telegram Bot API,” p. 10, 2018.

A. Zubaidi and R. Ramdani, “Layanan Dan Informasi Akademik Berbasis Bot Telegram Di Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram,” J. Teknol. Inf. Komput. Dan Apl. JTIKA, vol. 1, no. 1, pp. 103–110, May 2019, doi: 10.29303/jtika.v1i1.27.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama