Perancangan dan Implementasi Booking System Lapangan menggunakan Framework MVC berbasis Web

Isi Artikel Utama

Haya Rasikhah
Ahmad Rio Adriansyah

Abstrak

Penyewaan lapangan olahraga sangat dibutuhkan masyarakat untuk memfasilitasi kegiatan olahraga yang membutuhkan alat-alat khusus seperti: Ring basket, Net, Gawang dan lainnya. Pada saat ini sistem pemesanan lapangan olahraga masih kurang efisien dalam hal waktu, tenaga, dan biaya karena penyewa harus mendatangi langsung lapangan untuk melihat kesediaan lapangan dan memesanan lapangan. Selain merepotkan pihak penyewa lapangan, sistem pemesanan lapangan secara manual juga menghambat pemilik lapangan dalam proses menyimpan data pesanan. Oleh karena itu peneliti membangun aplikasi pemesanan lapangan olahraga berbasis website yang bertujuan untuk mempermudah proses pemesanan lapangan olahraga. Metode yang peneliti gunakan dalam membangun aplikasi adalah metode waterfall. Pada pengumpulan data peneliti menggunakan metode kuesioner dan wawancara serta melakukan pengujian aplikasi menggunakan Skala Likert dan User Acceptance Testing (UAT). Hasil pengujian fungsional menunjukan aplikasi berjalan 100% dengan tingkat kelayakan penggunaan 89,5% pada sistem user, dan 92,1% pada sistem admin yang artinya aplikasi layak dan dapat digunakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rasikhah, H., & Adriansyah, A. R. (2022). Perancangan dan Implementasi Booking System Lapangan menggunakan Framework MVC berbasis Web. Jurnal Informatika Terpadu, 8(1), 08-12. https://doi.org/10.54914/jit.v8i1.384
Bagian
Artikel

Referensi

S. Sabti, "Eksplorasi Yii Framework Sebagai Pendukung Pembuatan Software Berbasis Web (Studi Kasus Aplikasi Forum)," JBPTUNPASPP, 2012.

R. E. Johnson, "The RTL System: A Framework for Code Optimization," 1991.

Shalahuddin and A. S Rosa, "Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak," Modula, Bandung, 2011.

Tuteja and Gaurav, "A Research Study on importance of Testing and Quality Assurance in Software Development Life Cycle (SDLC) Models," International Journal otSoft Computing and Engineering (IJSCE), 2012.

R. S. Pressman, "Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi (Buku Dua)," Penerbit Andi, Yogyakarta, 2002.

Sommerville, "Software Engineering 9th Edition," Addison-Wesley, 2011.

Widodo and Purnomo, "Perancangan Aplikasi Pencarian Layanan Kesehatan Berbasis HTML 5 Geolocation," Jurnal Sistem Komputer, 2016.

Naista, "Bikin Framework PHP Sendiri dengan Teknik OOP dan MVC," Lokomedi, Jakarta, 2016.

R. Hardiansyah dan S. Munir, “Analisis dan Pengembangan Sistem Reservasi Online untuk Wisata berbasis Website Studi Kasus Pulau Harapan Kepulauan Seribu”, j. inform. terpadu, vol. 6, no. 1, hlm. 45-52, Mar 2020.

Ady dan Z. Imaduddin, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan SEMBAKO berbasis Mobile menggunakan Android”, j. inform. terpadu, vol. 3, no. 2, hlm. 67-74, Sep 2017.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama