Visualisasi Implementasi Autentifikasi Digital Signature menggunakan Fungsi Hash pada File Digital

Isi Artikel Utama

Rufaidah Taqiyyah
Ahmad Rio Adriansyah

Abstrak

Keamanan informasi sangatlah penting untuk menjaga integritas dan keaslian dari suatu dokumen. Kriptografi adalah studi teknik matematika yang berkaitan dengan aspek keamanan informasi. Algoritma integritas data kriptografi digunakan untuk melindungi blok data seperti melindungi dokumen dari perubahan, salah satunya adalah algoritma digital signature. Dengan digital signature kita dapat memverifikasi keaslian dari dokumen dan dapat mengetahui isi dokumen tersebut sudah diubah atau belum. Namun tidaklah ada sistem yang seratus persen aman, salah satu cara untuk meminimalisir resiko dari kehilangan keamanan adalah dengan memahami sistem keamanan tersebut. Pada penelitian kali ini, penulis akan membuat sistem yang memvisualisasikan proses dari algoritma digital signature untuk memudahkan seseorang dalam mempelajarinya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Taqiyyah, R., & Adriansyah, A. R. (2020). Visualisasi Implementasi Autentifikasi Digital Signature menggunakan Fungsi Hash pada File Digital. Jurnal Informatika Terpadu, 6(1), 07-13. Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jit/article/view/213
Bagian
Artikel

Referensi

W. Stallings, “Cryptography and Network Security Principles and Practice,” pp. 9-11, United States of America, 2011.

M. K. Islam, M. Hossain, M. Nashiry, “Security of Cryptographic Algorithm SHA and MD5,” p. 28, 2012.

N. Herawati, R. R. Isnanto, A. Fatchurrohim, “Perancangan dan Implementasi DSA (Digital Signature Algorithm) menggunakan Bahasa Pemograman Java,” pp. 1-2, 2008.

W. Stallings, “Cryptography and Network Security Principles and Practice,” p. 406, United Stated of America, 2011.

W. Stallings, “Cryptography and Network Security Principles and Practice,” pp. 396-398, United Stated of America, 2011.