Implementasi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dengan Modul Recruitment pada PT. XYZ

Isi Artikel Utama

Erwin Gumulya
Suhendi

Abstrak

Data Calon Karyawan merupakan aset penting dalam proses recruitment. Namun, dalam praktiknya proses recruitment sumber daya manusia akan lebih sulit dilakukan oleh perusahaan secara manual tanpa Human Resources Information System (HRIS). PT. XYZ adalah perusahaaan yang bergerak dibidang pendidikan yang menyediakan platform informasi mengenai perguruan tinggi dan mengadakan kegiatan Try Out SBMPTN di berbagai kota. Dengan bertujuan untuk menghadirkan solusi komprehensif bagi lulusan SMA/sederajat menuju kampus impiannya. Jumlah calon karyawan yang cukup banyak dan penanganan calon karyawan yang masih secara manual menjadikan karyawan departemen Human Resources Department (HRD) mengalami masalah dalam proses manajemen data calon karyawan. Berdasarkan analisa kebutuhan perusahaan tersebut, peneliti melakukan implementasi sistem informasi manajemen sumber daya manusia yaitu  aplikasi OrangeHRM sebagai solusi terhadap kebutuhan perusahaan. Hasil pengujian menunjukkan modul recruitment aplikasi OrangeHRM telah berjalan dengan baik pada pengguna dan menyatakan aplikasi memudahkan kerja HRD dalam  proses manajemen data calon karyawan yang lebih tertata dari pada pencatatan manual dan memudahkan untuk proses recruitment.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Gumulya, E., & Suhendi, S. (2019). Implementasi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dengan Modul Recruitment pada PT. XYZ. Jurnal Informatika Terpadu, 5(2), 65-70. Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jit/article/view/203
Bagian
Artikel

Referensi

S. Mohapatra, “Framework for HRIS Implementation in Non - IT Sector,” Bhubaneswar, India, 2009.

Sunjoto, Marcellina, “Implementasi Human Resources Information System dengan OrangeHRM pada PT. Oxcy Jaya Putra,” Surabaya, 2013.

Rusmanto, "Analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen SDM OrangeHRM, Studi Kasus Bagian Kepegawaian STT NF," p. 16, 2015.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama