Pengaruh Content Marketing Instagram Terhadap Potensi Leads Penjualan pada UMKM Kuliner
Kata Kunci:
Bisnis Kuliner, Content Marketing, Instagram, Leads, UMKMAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi content marketing melalui Instagram dapat meningkatkan jumlah leads penjualan pada UMKM RCFood. Instagram dipilih karena memiliki fitur seperti reels, stories, dan link in bio yang mendukung promosi konten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan metode survei dan teknik analisis regresi linier sederhana. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online menggunakan Google Form yang disebarkan kepada 100 pengikut akun Instagram @rcfoodd dengan teknik purposive sampling. Dari hasil pengujian, ditemukan bahwa content marketing berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah leads dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,591. Salah satu indikator yang diamati adalah meningkatnya jumlah page views pada Taplink yang dicantumkan di bio Instagram, serta respon pengguna berupa direct message, yang menunjukkan adanya ketertarikan untuk lanjut ke tahap pembelian. Ini berarti konten yang menarik dan konsisten dapat mendorong tindakan dari calon pelanggan. Oleh karena itu, optimalisasi strategi konten disarankan bagi UMKM yang memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan konversi.
Unduhan
Referensi
F. Abdjul, J. D. D Massie, and Y. Mandagie, “Pengaruh Content Marketing, Search Engine Optimization dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa FEB UNSRAT di E-Commerce Sociolla,” Jurnal EMBA, vol. 10, no. 3, pp. 225–236, 2022.
Q. D. Pangestu and D. Tranggono, “Pengaruh Content Marketing Instagram terhadap Brand Image Disney+Hotstar di Masa Pandemi Covid-19,” Jan. 2022.
L. Artvanka and R. Hidayat, “Analisis Pengaruh Content Marketing Instagram Terhadap Customer Engagement (Studi Kasus PT. Golden Communication Lampung Tahun 2021),” Tugas Akhir, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 2021.
A. L. Syahvitri, “Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement pada Instagram Kuliner Tanjungpinang,” Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia, 2023.
S. N. Fadillah and R. Setyorini, “Analisis Implementasi Strategi Content Marketing dalam Menciptakan Customer Engagement di Media Sosial Instagram Wakaf Daarut Tauhiid Bandung,” Menara Ilmu, vol. 15, no. 2, 2021.
S. Heviawati et al., “Terobosan Strategi Pemasaran: Digitalisasi Pemasaran Produk Inovatif Mie Instan Daun Kelor (MI-Long) bersama Mangogong Company,” Jurnal Sosial Terapan, vol. 3, No. 1, pp. 28-38, 2025, doi: 10.29244/jstrsv.3.1.28-38.
R. D. Wahyudi and B. Santoso, “Pengaruh Konten Marketing @XO.CHOCO_1 Terhadap Minat Beli Konsumen di Instagram,” Skripsi, Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, 2023.
A. N. Rohman, M. Mukhsin, and G. Ganika, “Penggunaan Technology Acceptance Model dalam Analisis Actual Use Penggunaan E-Commerce Tokopedia Indonesia,” Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi Keuangan Bisnis Digital, vol. 2, no. 1, pp. 25-36, 2023.
M. Waruwu, S. N. Pu`at, P. R. Utami, E. Yanti, and M. Rusydiana, “Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 10, no. 1, pp. 917–932, Feb. 2025, doi: 10.29303/jipp.v10i1.3057.
S. Arikunto, “Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik,” Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Z. Afif, D. S. Azhari, M. Kustati, and N. Sepriyanti, “Penelitian Ilmiah (Kuantitatif) Beserta Paradigma, Pendekatan, Asumsi Dasar, Karakteristik, Metode Analisis Data dan Outputnya,” Innovative, vol. 3, No. 3, pp. 682-693, 2023.
S. Almaududi, M. Syukri, and C. P. Astuti, “Pengaruh Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Mexsicana Kota Jambi,” J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), vol. 6, no. 1, p. 96, Apr. 2021, doi: 10.33087/jmas.v6i1.233.
N. A. Fadilah, S. Garancang,, and K. Abunawas, “Konsep Umum Populasi dan Sampel Dalam Penelitian,” Jurnal PILAR, vol. 14, No. 1, 2023.
F. W. Mamonto, W. J. F. A. Tumbuan, and M. H. Rogi, “Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Podomoro Poigar di Era Normal Baru,” Jurnal EMBA, vol. 9, no. 2, pp. 110–121, Apr. 2021.
D. Karr, “How to Map Your Content to Unpredictable Customer Journeys,” Meltwater, 2018. Available: https://learn.meltwater.com/rs/meltwater2/images/Mapping%20Content%20Marketing%20eBook.pdf
S. Saeidi, and S. Hollensen, “Digital Marketing on LinkedIn: In-Depth Strategies for Lead Generation,” American Journal of Industrial and Business Management, vol. 14, No. 5, pp. 655-668, 2024.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Syawla Ersi Nika, Jemiro Kasih, Salman Fathy Shiroth

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


