Analisis Pengaruh Instagram terhadap Interaksi dan Kesadaran Merek pada Warung Kopi Santuy
DOI:
https://doi.org/10.54914/dbesti.v2i1.1369Kata Kunci:
Instagram, Interaksi, Kesadaan Merek, Pengaruh, Warung Kopi SantuyAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran melalui platform Instagram terhadap tingkat interaksi pengguna dan kesadaran merek Warung Kopi Santuy. Metode penelitian kualitatif melibatkan pengumpulan data melalui survei secara langsung kepada pengikut Instagram Warung Kopi Santuy yang dipilih secara acak. Analisis dilakukan menggunakan teknik triangulasi untuk mengevaluasi pengaruh variabel pemasaran Instagram seperti unggahan, jenis konten, dan interaksi langsung dengan pengguna terhadap interaksi yang diterima dan kesadaran merek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pemasaran yang aktif dan terarah melalui Instagram berhubungan positif dan signifikan dengan peningkatan interaksi pengguna serta kesadaran merek Warung Kopi Santuy. Implikasi praktis dari temuan ini adalah pentingnya memanfaatkan media sosial dengan strategi yang tepat untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan dan membangun kesadaran merek yang lebih baik di kalangan konsumen.
Unduhan
Referensi
P. W. Widyaningrum, “Peran Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang,” vol. 2, pp. 230-257, 2016.
N. Hidayah, “Analisis Strategi Digital MArketing dalam Membantu Penjualan Living Space dan Efo Store,” 2018.
P. Kotler, G. Amstrong dan A. Sindoro, "Dasar-Dasar Pemasaran," Jakarta: Indeks, 2003.
R. Awaluddin dan Y. Maulana, “Strategi Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Produk UMKM dan Wisata Berbasis Digital Business di Desa Cihirup, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan,” Jurnal Abdimas Bina Bangsa, vol. 1, no. 10.46306/jabb.v1i1, pp. 2722-9394, 2020.
I. W. D. R. Pranata dan K. A. S. Pramudana, “Peran Kesadaran Merek (Brand Awareness) Dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo Dengan Niat Beli Konsumen,” E-Jurnal Manajemen Unud, vol. 7, pp. 5230-5257, 2018.
H. Syahrizal dan M. S. Jailani, “Jenis-Jenis Penelitian dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif,” QOSIM Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, vol. 1, 2023.
E. Murdiyanto, "Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi Disertai dengan Contoh Proposal)", Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press, 2020.
T. Alhamid dan B. Anufia, “Resume: Instrumen Pengumpulan Data,” 2019.
Z. Abdussamad, "Metode Penelitian Kualitatif," CV. SYAKIR MEDIA PRESS, 2021.
A. Alfansyur dan M., “Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial,” Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, vol. 5, pp. 146-150, 2020.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dian Islamiati, Salman Fathy Shiroth

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.