Analisis dan Implementasi Sistem Peminjaman Ruangan berbasis Google Workspace Studi Kasus STT Terpadu Nurul Fikri
DOI:
https://doi.org/10.54914/dbesti.v1i1.1094Kata Kunci:
Dashboard, Google Form, Google Sheet, Peminjaman Ruangan, User Centered DesignAbstrak
Layanan pengajuan peminjaman ruangan adalah salah satu layanan akademik yang diberikan Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri. Layanan pengajuan peminjaman ruangan di Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri masih dilakukan secara manual, yang dimana layanan pengajuan peminjaman ruangan fisik yang dikelola oleh Staf Kemahasiswaan dan layanan pengajuan peminjaman ruangan virtual yang dikelola oleh staf Prodi. Terdapat permasalahan seperti data peminjaman yang tidak terarsip dengan baik, adanya pengajuan peminjaman yang bertabrakan, dan proses yang cukup lama. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat Google Form dan Dashboard berbasis Google Sheet yang memudahkan proses pengajuan serta pengelolaan peminjaman ruangan di Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Mix Method yaitu menggabungkan antara jenis penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil pengujian dari Implementasi Penggunaan Google Form dan Dashboard berbasis Google Sheet Peminjaman Ruangan sebesar 100% bagi Mahasiswa, 100% bagi Kemahasiswaan, dan 100% bagi staf Prodi yang berarti keberadaan Google Form dan Dashboard berbasis Google Sheet Peminjaman Ruangan ini memudahkan mahasiswa dalam melakukan pengajuan peminjaman ruangan fisik maupun virtual, serta memudahkan pengelolaan data pengajuan peminjaman ruangan fisik bagi Staf Kemahasiswaan dan memudahkan pengelolaan data pengajuan peminjaman ruangan virtual bagi staf Prodi.
Unduhan
Referensi
A. A. Hidayatullah, “Identifikasi Konflik Peminjaman Menggunakan Rule-Based Pada Sistem Informasi Peminjaman Ruangan Dan Fasilitas Kampus,†2018.
Ayuningtyas, "Modul Pelatihan Pemanfaatan Google Form," 2019.
A. P. Utomo and M. P. Damayanti, “Perancangan Dashboard Untuk Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Prestasi Siswa SMA Berbasis Kurikulum 2013,†2016.
H. Berti, “Implementasi E-Learning Menggunakan Zoom Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Ditinjau Dari Gender Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Padang Cermin,†2020.
I. Fauziah, “Sistem Informasi Pembayaran Administrasi Mahasiswa menggunakan Metode User Centered Design (Studi Kasus: STAI Bunga Bangsa Cirebon),†Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, vol. 1, no. 1, 2020.
L. Angelina and D. R. Rahadi, “Strategi Pengelolaan Zoom Meeting dalam Proses Pembelajaran di Masa Pandemi,†Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, vol. 3, no. 2, 2020.
W. W. Hutabarat and I. B. Suratno, “Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran menggunakan Media Zoom Meeting dengan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Masa Pendemi Covid-19,†Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, vol. 15, no. 2, 2022.
H. Zahidah dan A. Rahmah, “Evaluasi dan Rekomendasi Usabilitas guna perbaikan E-Learning pada Perguruan Tinggi berdasarkan User Centered Designâ€, j. inform. terpadu, vol. 6, no. 2, hlm. 67–76, 2020.
T. S. Jaya, “Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung),†Jurnal Pengembangan IT, vol. 3, no. 2, 2018.
Y.F. Kurnia and D. T. Yulianti, “Analisis Proses Software testing pada PT. Signify Commercial Indonesia,†Jurnal Strategi, vol. 3, no. 1, 2021.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ayu Dwi Sundari, Amalia Rahmah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.