Aplikasi Konsultasi Psikologi Berbasis Flutter dan ChatGPT Menggunakan Metode Extreme Programming
DOI:
https://doi.org/10.54914/dbesti.v2i1.1344Kata Kunci:
ChatGPT API, Extreme Programming, Flutter, Konsultasi Psikologi, Pengembangan Aplikasi MobileAbstrak
Penelitian ini membahas pengembangan aplikasi konsultasi psikologi berbasis Flutter dengan integrasi ChatGPT API untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan mental yang mudah diakses, terutama selama pandemi COVID-19. Permasalahan utama adalah keterbatasan akses terhadap dukungan psikologis yang cepat dan efisien. Aplikasi ini menyediakan fitur pendaftaran pengguna, pencarian psikolog, penjadwalan janji temu, dan chatbot AI untuk bantuan segera. Metode Extreme Programming (XP) digunakan dalam pengembangan aplikasi, dengan Flutter untuk membangun antarmuka dan ChatGPT API untuk integrasi chatbot. Proses pengembangan mencakup perancangan, implementasi, dan evaluasi sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini efektif dalam menyediakan layanan konsultasi psikologis yang mudah diakses. Pengujian Black Box menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 90%, sedangkan User Acceptance Testing (UAT) dengan 15 partisipan menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 88%. Kuesioner menunjukkan semua pengguna setuju bahwa aplikasi mempermudah akses layanan konsultasi psikologis, dengan umpan balik positif terkait kemudahan penggunaan dan efektivitas fitur. Untuk Pengembangan berikutnya harus terfokus pada peningkatan fungsionalitas aplikasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara menyeluruh dan memenuhi standar aplikasi yang efektif dan efisien.
Unduhan
Referensi
[1] D. V. Fakhriyani, Kesehatan Mental. Duta Media Publishing, 2019.
[2] I. A. Ridlo, “Pandemi COVID-19 dan Tantangan Kebijakan Kesehatan Mental di Indonesia,” INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, vol. 5, no. 2, pp. 155–164, 2020, doi: 10.20473/jpkm.v5i12020.155-164.
[3] “I-NAMHS: Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey,” 2022.
[4] T. D. Sosialita, “Efektivitas Konseling Online pada Kesehatan Mental Remaja,” Universitas Airlangga, vol. 13, no. 1, pp. 69–80, 2023, doi: 10.24127/gdn.v12i2.6424.
[5] I. M. Widiarta, M. Julkarnain, and J. Imanulloh, “Rancang Bangun Aplikasi UTS IN ME berbasis Android menggunakan Flutter dengan Metode Rapid Application Development,” JINTEKS (Jurnal Informatika Teknologi dan Sains), vol. 3, no. 4, pp. 447–452, 2021, doi: Prefix 10.51401.
[6] C. A. Wibowo and M. B. Muvid, “Analisis dan Desain Sistem Digital Konsultasi Psikologi,” SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, vol. 9, no. 2, pp. 134–144, 2023, doi: 10.33372/stn.v9i2.1030.
[7] G. G. Sari and W. Wirman, “Telemedicine sebagai Media Konsultasi Kesehatan di Masa Pandemic COVID 19 di Indonesia,” Jurnal Komunikasi, vol. 15, no. 1, pp. 43–54, Jun. 2021, doi: 10.21107/ilkom.v15i1.10181.
[8] R. Diky Dermawan and Herdianto, “Meningkatkan Kinerja Output ChatGPT Melalui Teknik Prompt Engineering Yang Dapat Dikustomisasi,” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 4, no. 1, 2024.
[9] Hendy, “Pemodelan Sistem Menggunakan UML (Unified Modelling Language),” 2019, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/334562380
[10] M. A. Yasvi, K. S. Yadav, and Shubhika, “Review On Extreme Programming-XP,” 2019. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/332465869
[11] H. P. Alamsyah, “Aplikasi Pembantu Baca dengan Text Recognition dan Text-To-Speech berbasis Android menggunakan Flutter,” 2023.
[12] N. M. D. Febriyanti, A. A. K. O. Sudana, and I. N. Piarsa, “Implentasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen,” JITTER - Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, vol. 2, no. 3, 2021.
[13] A. R. Yusmita, H. Anra, and H. Novriando, “Sistem Informasi Pelatihan pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja Industri (UPT LKI) Provinsi Kalimantan Barat,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justin), vol. 8, no. 2, p. 160, Apr. 2020, doi: 10.26418/justin.v8i2.36797.
[14] A. G. Prawiyogi, T. L. Sadiah, A. Purwanugraha, and P. N. Elisa, “Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 446–452, Jan. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i1.787.
[15] F. A. Fahmi and H. H. SS, “Pengaruh Layanan Informasi Dengan Media Film Terhadap Kewaspadaan Siswa Tentang Pelecehan Seksual di Kelas VIII-C SMPN 1 Matesih Tahun Pelajaran 2018/2019,” Jurnal Medi Kons, vol. 5, no. 2, pp. 34–49, 2019.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Anisa Yuniarti, Sirojul Munir, Misna Asqia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.