Pengembangan Aplikasi General Affairs Berbasis Web Menggunakan Framework CodeIgniter Kasus PT. Rajawali Nusantara Indonesia

Penulis

  • Efrizal Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri
  • Hilmy Abidzar Tawakal Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri

DOI:

https://doi.org/10.54914/dbesti.v1i1.1095

Kata Kunci:

Codeigniter, Extreme Programming, General Affair, MySQL, Website

Abstrak

Dalam PT. Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) terdapat divisi yang menangani bagian umum dalam perusahaan. Divisi tersebut bernama divisi Pelayanan Strategis SDM dan Umum. Pada divisi ini menangani beberapa unit kerja seperti pemeliharaan aset perusahaan (Maintenance), pengemudi (Driver), dan pengiriman atau ekspedisi. Pada layanan pengiriman belum tersedianya sistem yang menanganinya, sehingga dalam penanganannya masih secara manual. Sedangkan untuk kedua layanan lainnya yaitu maintenance dan pengemudi sudah menggunakan sistem berbasis web dalam penanganannya. Walau sudah terdapat sistem yang menanganinya, berdasarkan hasil wawancara dengan ahli terkait, sistem tersebut masih terdapat kekurangan. Dalam penelitian ini akan merancang aplikasi General Affair berbasis web dengan menggunakan framework Codeigniter. Dalam pengembangan aplikasinya menggunakan metode extreme programming dengan penggunaan diagram UML untuk dokumentasi desain. Aplikasi yang telah dibuat akan dilakukan pengujian menggunakan metode blackbox dengan hasil 100% keberhasilan dari 31 skenario yang diuji, dan User Acceptance Testing untuk menguji apakah sistem sudah sesuai dengan keinginan pengguna atau tidak dan menghasilkan 100% keberhasilan. Hasil penelitian berupa aplikasi general affair berbasis web yang dikembangkan menggunakan framework Codeigniter. Berdasarkan hasil analisis hasil kuesioner aplikasi General Affair berbasis web ini dapat membantu proses aktivitas operasional di PT. RNI dengan interpretasi baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

T. Hambudi, #1 Professional General Affair: Panduan Bagian Umum Perusahaan Modern. VisiMedia, 2015.

L. Afuan, “Pemanfaatan Framework Codeigniter dalam Pengembangan Sistem Informasi Pendataan Laporan Kerja Praktek Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Unsoed,” Juita, vol. I, no. 2, pp. 39–44, 2010, [Online]. Available: http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JUITA/article/view/413.

Y. Anggraini, D. Pasha, and A. Damayanti Setiawan, “Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter ( Studi Kasus : Orbit Station ),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 64–70, 2020.

R. Khoirunnisa, R. R. Isnanto, and K. T. Martono, “Pembuatan Aplikasi Web Manajemen Laundry dan Integrasi Data dengan Web Service,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 4, no. 1, p. 93, 2016, doi: 10.14710/jtsiskom.4.1.2016.93-101.

A. Fatoni and D. Dwi, “Rancang Bangun Sistem Extreme Programming Sebagai Metodologi Pengembangan Sistem,” Prosisko, vol. 3, no. 1, pp. 1–4, 2016, [Online]. Available: http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/116.

S. Dharwiyanti and R. S. Wahono, “Pengantar Unified Modeling Language (UML),” IlmuKomputer.com, pp. 1–13, 2003, [Online]. Available: http://www.unej.ac.id/pdf/yanti-uml.pdf.

M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, and H. Rahmadi, “Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN),” vol. I, no. 3, pp. 31–36, 2015.

P. Arifin Hasibuan et al., “Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika,” 2014.

S. R. Ramadhani and A. Rahmah, “Analisis Strategi Pembelajaran Soft Skill berbasis Media Sosial: Studi Kasus Perguruan Tinggi,” J. Inform. Terpadu, vol. 7, no. 1, pp. 39–46, 2021.

S. Hadi, Analisis butir untuk instrumen angket, tes dan skala nilai dengan basica. Yogyakarta: Andi Offset, 1991.

Downloads

Diterbitkan

2024-05-01

Cara Mengutip

Efrizal, E., & Tawakal, H. A. (2024). Pengembangan Aplikasi General Affairs Berbasis Web Menggunakan Framework CodeIgniter Kasus PT. Rajawali Nusantara Indonesia. DBESTI: Journal of Digital Business and Technology Innovation, 1(1), 28–42. https://doi.org/10.54914/dbesti.v1i1.1095

Terbitan

Bagian

Artikel