PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID UNTUK PENGENALAN CITRA NOMOR SERTIFIKAT HALAL MUI DENGAN LIBRARY TESSERACT OPTICAL CHARACTER RECOGNITION (OCR)

Isi Artikel Utama

Abstrak

 Semakin beragamnya makanan dan minuman di pasaran membuat konsumen muslim harus bisa memilih mana makanan dan minuman yang halal dan mana yang tidak. Salah satu metode pengenalan produk halal adalah dengan pemberian sertifikat halal bermasa berlaku yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia. Maka dari itu diperlukan sebuah aplikasi yang dapat mengidentifikasi keaslian sertifikat halal MUI berdasarkan nomor sertifikatnya. Aplikasi dapat mengidentifikasi nomor sertifikat halal secara manual dan otomatis menggunakan citra. Untuk dapat mengenali karakter pada sebuah citra akan digunakan sebuah sistem Optical Character Recognition (OCR). OCR merupakan sistem komputer yang dapat membaca karakter pada sebuah citra. Dari sekian banyak sistem OCR yang ada, pada penelitian ini akan menggunakan tesseract OCR karena tesseract memiliki tingkat akurasi yang cukup besar yaitu diatas 94%. Aplikasi akan dikembangkan dengan metode pengembangan perangkat lunak dengan metode waterfall versi sommerville. Dengan menggunakan metode waterfall, tahapan-tahapan pengembangan akan jelas, nyata dan praktis. Dengan begitu pengembangan aplikasi menjadi lebih terjadwal dan mudah dikontrol serta pendokumentasian tahapan pengembangan dapat dilakukan dengan baik. Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi android yang dapat mengidentifikasi nomor sertifikat halal secara manual dan otomatis menggunakan citra.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Muhtadii, & Hilmy Abidzar. (2016). PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID UNTUK PENGENALAN CITRA NOMOR SERTIFIKAT HALAL MUI DENGAN LIBRARY TESSERACT OPTICAL CHARACTER RECOGNITION (OCR). Jurnal Informatika Terpadu, 2(1). Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jit/article/view/60
Bagian
Artikel