Analisis dan Pengembangan Sistem Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Pada Mode Operasi Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54914/jit.v7i2.358Kata Kunci:
Operasi Matematika Dasar, Mobile Game, Model-Driven, Unity, AndroidAbstrak
Media pembelajaran sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran operasi matematika dasar pada jenjang pendidikan SD karena dapat membantu anak dalam mempelajari operasi matematika. Media pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan keseharian anak supaya dapat mudah dipahami oleh anak tersebut. Perkembangan teknologi yang pesat mengakibatkan anak-anak semakin dekat dengan smartphone dan sering memanfaatkannya untuk bermain game. Pada penelitian ini akan membahas mengenai perancangan dan pengembangan media pembelajaran operasi matematika dasar menggunakan pendekatan model-driven game development yang menghasilkan mobile game pada perangkat Android. Metode pengembangan dilakukan menggunakan lima tahapan model-driven game development versi agile, yaitu envisioning, iteration modeling, model storming, test-driven development dan review. Unity dipilih sebagai software pengembangan game pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan dan bangunan aplikasi mobile game untuk pembelajaran operasi matematika dasar yang mudah dipahami oleh anak SD dan dapat digunakan oleh pengajar matematika SD.
Unduhan
Referensi
E. Oktavianingtyas, “Media Untuk Mengefektifkan Pembelajaran Operasi Hitung Dasar Matematika Siswa Jenjang Pendidikan Dasar,†Pancaran, vol. IV, no. 4, pp. 207-218, 2015.
F. Ibda, “Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget,†Jurnal Intelektualita, pp. 27-38, 2015.
A. Amir, “Pembelajaran Matematika SD Dengan Menggunakan Media Manipulatif,†Forum Paedagogik, vol. VI, no. 01, pp. 72-89, 2014.
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, “Survey Penggunaan TIK 2017,†Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, pp. 1-51, 2017.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , “Media,†[Online]. Available: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/media. [Diakses 24 Mei 2020].
David, “Perancangan Game Mobile Android Bergenre Horror,†Cogito Smart Journal, vol. II, no. 2, pp. 167-179, 2016.
J. Xie, “Research on Key Technologies Base Unity3D Game Engine,†Computer Science & Education, pp. 695-699, 2012.
E. M. Reyno dan J. A. C. Cubel, “Model-Driven Game Development: 2D Platform Game Prototyping,†9th International Conference on Intelligent Games and Simulation, GAME-ON 2008, pp. 1-3, 2008.
W. C. Nur, Yulianingsih dan S. S. Melati, “Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi & Strategi Berbasis Android Dengan Teknologi Phonegap,†Jurnal String, vol. 3, no. 2, pp. 206-210, 2018.
K. H. Ryan, H. A.-Z. Muslimah dan L. Fanani, “Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire,†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 9, pp. 2742-2750, 2018.
R. F. F. Setiawan, “Pembuatan Game Evaluasi Operasi Matematika Dasar Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Tiga,†Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, vol. I, no. 1, pp. 1-9, 2012.
M. Adiwijaya, K. I. S dan Y. Christyono, “Perancangan Game Edukasi Platform Belajar Matematika Berbasis Android Menggunakan Construct 2,†Jurnal Transient, vol. IV, no. 1, pp. 128-133, 2015.
M. R. Rahadi, K. I. Satoto dan I. P. Windasari, “Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android,†Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. IV, no. 1, pp. 44-49, 2016.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Informatika Terpadu
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.