Implementasi Sistem E-Rapor guna mengetahui Perkembangan Anak berbasis Moodle Studi Kasus Paud Azizah

Isi Artikel Utama

Afifa Diniputri
Suhendi

Abstrak

Paud Azizah merupakan salah satu sekolah yang menerapkan metode BCCT (Beyond Circle and Center Time) sebagai Kurikulum Standar, Paud Azizah menggunakan metode ini untuk pembelajaran sinergis dengan strategi pembelajaran saat bermain atau bermain sambil belajar. Kegiatan yang dilakukan anak-anak serta perkembangan di sekolah akan dituliskan oleh guru lewat buku penghubung yang nantinya akan diberikan oleh orang tua wali murid sebagai hasil laporan. Tetapi tidak semua orang tua dari masing-masing anak membaca catatan di buku penghubung, dikarenakan orang tua yang mempunyai kesibukannya masing-masing. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka pada penelitian ini dibuatlah sistem e-rapor berbasis Moodle. Sistem ini memungkinkan guru untuk membuat laporan perkembangan anak dan rapor sebagai evaluasi kegiatan belajar mengajar selama 1 semester. Peran Moodle sebagai sistem laporan perkembangan anak di Paud Azizah untuk membantu akses berkomunikasi antara guru dan orang tua/wali murid dengan mudah tanpa ada halangan yang menyulitkan kedua belah pihak. Penulis melakukan penerapan untuk membangun sistem Moodle di Paud Azizah dengan melalui beberapa rangkaian tahapan penelitian. Dimulai dari mengidentifikasi masalah pada studi pendahuluan dan literatur, melakukan analisis sistem berupa data dan informasi, membuat pernacangan sistem berupa desain mockup, implementasi sistem, dan melakukan pengujian sistem yang menerapkan metode UAT dengan membuat kuisioner untuk guru maupun wali murid di Paud Azizah sebagai hasil dari proses implementasi sebagai hasil dari proses implementasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Diniputri, A., & Suhendi, S. (2021). Implementasi Sistem E-Rapor guna mengetahui Perkembangan Anak berbasis Moodle Studi Kasus Paud Azizah. Jurnal Informatika Terpadu, 7(1), 08-14. https://doi.org/10.54914/jit.v7i1.426
Bagian
Artikel

Referensi

Depdiknas, “Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional,” Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003.

Busthomi, “Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Anak Usia Dini,” Jakarta: Citra Publishing, 2012.

I. C. Ramadhan, “Pengembangan Aplikasi E-learning berbasis Moodle (Studi Kasus : SMA 2 Mei Ciputat),” Skripsi, Jakarta: Program studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negri Jakarta, 2011.

Bodnar, George, William, & Hopwood, “Sistem Informasi Akuntansi,” Edisi pertama, penerjemah, Amir Abadi Jusup dan Rudi M. Tambunan, Jakarta: Salemba Empat, 2000.

HM. Jogiyanto, “Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis,” Yogyakarta: ANDI Yogyakarta, 1999.

P. Bahasa, “KBBI Daring, Kamus Besar Bahasa Indonesia,” Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas RI, 2008.

Ratmilah, “Implementasi Model E-learning Sebagai Pendukung Kuliah Pada Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Akademik 2012-2013,” Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.

Surjono, “Membangun Course E-learning Berbasis Moodle,” Edisi Kedua, Yogyakarta: UNY Press, 2013.

I. Moodle, 2010, [Online]. Available: www.moodle.org

S. R. Pandey and S. Pandey, “Developing a More Effective and Flexible Learning Management System (LMS) for the Academic Institutions using Moodle”, International Conference on Academic Libraries (ICAL-2009), 2009.

A. Simushkov, E. Korovyakovsky, and M. Laisi, “Technical Aspects of E-learning Systems for the International Programs in the Field of Logistics. Final Report of Cross-Border Project Called “Development of Logistics for Supplier Net Models”(Lognet),” p. 93.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>