Penerapan Log Analyzer untuk Mengetahui Lalu Lintas Jaringan berbasis Elasticsearch, Logstash, dan Kibana

Isi Artikel Utama

Muhammad Jafier Rama Putra
Henry Saptono

Abstrak

Kemajuan dalam bidang teknologi informasi terkini telah mengubah cara pandang masyarakat mengenai pengembangan aplikasi atau jaringan yang ada sekarang. Sebuah teknologi informasi baru yang dimaksudkan untuk membantu manusia dalam hidup kesehariannya sehingga waktu dan tenaga dapat dialihkan pada pekerjaan lainnya. Hal yang diperlukan untuk teknologi informasi adalah pengelolaan, pemeliharaan, dan pemantauan. Pengelolaan, pemeliharaan, dan pemantauan teknologi informasi atau jaringan komputer dan layanan yang ada di dalamnya diharapkan dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan oleh individu, organisasi atau institusi untuk membantu dan menunjang proses kerja dalam organisasi tersebut. Dalam penelitian ini bermaksud untuk melakukan implementasi analyzer log dan data lalu lintas jaringan berbasis ELK Stack (Elasticsearch Logstash Kibana) yang dapat melakukan pengiriman log, mengumpulkan log dan memvisualisasi log dari server. Implementasi analyzer log dan data lalu lintas jaringan dalam penelitian kali ini menggunakan Ubuntu 18.04 Server, dan Ubuntu 18.04 sebagai  client. Dari hasil pengujian implementasi analyzer log dan data lalu lintas jaringan yang telah dilakukan dengan tingkat keberhasilan 100% menunjukan bahwa semua pengujian log terjadi pada server dapat dikirimkan secara realtime ke server utama ELK Stack.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Putra, M. J. R., & Saptono, H. (2022). Penerapan Log Analyzer untuk Mengetahui Lalu Lintas Jaringan berbasis Elasticsearch, Logstash, dan Kibana. Jurnal Informatika Terpadu, 8(1), 21-25. https://doi.org/10.54914/jit.v8i1.388
Bagian
Artikel

Referensi

D. Ardiantoro, “Pengantar DNS (Domain Name System),” 2003.

M. R. Andargini, “Panduan Instalasi & Setup DHCP Server,” 2008.

C. Tarigan, et al., “Sistem Pengawasan Kinerja Jaringan Server Web Apache dengan Log Management System ELK (Elasticsearch, Logstash, Kibana),” pp. 7–14, 2018.

C. Gormley, Z. Tong, “Elasticsearch: The Definitive Guide,” 2015.

J. Turnbull, “The Logstash Book,” 2014.

Y. Gupta, “Kibana Essentials”, 2015.

H. Saneifar, et al., “Terminology Extraction from Log Files,” Lect. Notes Comput. Sci. (including Subser. Lect. Notes Artif. Intell. Lect. Notes Bioinformatics), 2009.

S. Alspaugh, et al., “Analyzing Log Analysis: An Empirical Study of User Log Mining,” LISA’14 Proc. 28th USENIX Conf. Large Install. Syst. Adm., pp. 53–68, 2014.

A. Permatasari dan S. Suhendi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Talent Film berbasis Aplikasi Web”, J. Inform. Terpadu, vol. 6, no. 1, hlm. 29-37, Mar 2020.

D. O. Saputra dan H. Saptono, “Implementasi Network Monitoring System terintegrasi dengan Ticketing System menggunakan Nagios dan osTicket”, J. Inform. Terpadu, vol. 5, no. 1, hlm. 06-17, Mar 2019.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama