Implementasi Network Monitoring System terintegrasi dengan Ticketing System menggunakan Nagios dan osTicket
DOI:
https://doi.org/10.54914/jit.v5i1.171Kata Kunci:
Network Monitoring System, Alerting, Python, Nagios, osTicketAbstrak
Penelitian ini diajukan untuk mengintegrasikan network monitoring system berbasis Nagios dengan ticketing system berbasis osTicket. Pada penelitian ini terdapat langkah-langkah dalam mengintegrasikan monitoring system berbasis Nagios dengan ticketing system berbasis osTicket dan memberikan kemudahan bagi pengelola jaringan dalam melakukan pemeliharaan jaringan dengan adanya network monitoring system yang didukung dengan ticketing system otomatis ketika network monitoring system mendeteksi kegagalan infrastruktur dalam jaringan. Terdapat 4 pengujian yaitu, pengujian host status up dan down, kemudian pengujian service ststus warning dan critical. Hasil yang didapat dari pengujian pada integrasi network monitoring system berbasis Nagios dengan system ticketing berbasis osTicket ini yaitu memanfaatkan fitur alerting pada nagios dan fitur web API yang ada pada osTicket menunjukkan hasil yang efektif. Hal ini dibuktikan dari terbentuknya tiket secara otomatis pada osTicket pada saat status host down dan ketika status service warning atau critical.
Unduhan
Referensi
M. D. Haryanto, I. Riadi, “Analisis dan Optimalisasi Jaringan Menggunakan Teknik Load Balancing,†Yogyakarta, 2014.
H. Amnur, et al., “Perancangan dan Implementasi Network Monitoring System Menggunakan Nagios dengan Email dan SMS Alert,†Politeknik Negeri Padang, 2014.
H. Saptono, “Network Monitoring System dengan Nagios,†2008.
M, E. “Implementasi Nagios untuk Merancang System Monitoring Client Jaringan Komputer menggunakan Sms dan Email,†Jakarta: Universitas Islam Syarif Hidayatullah, 2009.
J. P. Jumri, “Perancangan Sistem Monitoring Konsultasi Bimbingan Akademik Mahasiswa dengan Notifikasi Realtime berbasis SMS Gateway,†Universitas Tanjungpura, 2012.
M. R. Zaini, “Implementasi Protokol SNMP untuk Jaringan,†Univesitas Andalas, 2013.
Qoyyimah, “Rancang Bangun Helpdesk Ticketing System Studi Kasus PT Primus Indojaya,†Jakarta: Universitas Syarif Hidayatullah, 2011.
M. S. Daulay, “Pengantar Jaringan Komputer,†Yogyakarta: Andi, 2005.
M. Lutz, “Programming Python,†Fourth Edition ed., Sebastopo: O’Reilly Media, Inc., 2010.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Informatika Terpadu
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.