Analisis dan Implementasi Modul Akuntasi pada Aplikasi ERP berbasis Open Source

Isi Artikel Utama

Fadilla Arfikriyana
Suhendi

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Menggunakan Aplikasi Odoo pada PT Delta Solusi Konsultama. PT Delta Solusi Konsultama merupakan perusahaan konsultan yang menawarkan bantuan/ jasa transfer pricing, tax advisory, dan tax complience. Dalam usahanya, PT Delta Solusi Konsultama hanya menjalankan transaksi penjualan jasa namun dengan nilai yang cukup besar. Pada pesatnya perkembangan teknologi saat ini, PT Delta Solusi Konsultama masih melakukan pencatatan secara manual. Selain itu terdapat penumpukan catatan keuangan perusahaan, sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk melakukan pencarian data. Maka dari itu, dengan diterapkan modul Accounting and Finance pada aplikasi Odoo diharapkan dapat mengatasi masalah yang terjadi di PT Delta Solusi Konsultama. Hasil dari penelitian ini diantaranya: pembuatan Chart Of Account (COA), pencatatan data customer, pencatatan data penjualan jasa, pencatatan jurnal transaksi keuangan dan pencetakan laporan keuangan. Aplikasi Odoo dapat menghubungkan user, sehingga antar divisi terdapat integrasi sistem yang dapat memudahkan proses pengontrolan. Penelitian ini selesai dengan kesimpulan bahwa Sistem Informasi Akuntansi PT Delta Solusi Konsultama dapat berjalan secara real time dan akurat setelah menggunakan aplikasi Odoo. Saran yang diberikan dari penelitian ini ialah menghilangkan menu-menu yang tidak terpakai, serta menerapkan mode pengembang untuk mengubah role user.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Arfikriyana, F., & Suhendi, S. (2022). Analisis dan Implementasi Modul Akuntasi pada Aplikasi ERP berbasis Open Source. Jurnal Informatika Terpadu, 8(1), 13-20. https://doi.org/10.54914/jit.v8i1.385
Bagian
Artikel

Referensi

K. I. Ratnaningsih dan I. G. N. A. Suaryana, “Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Partisipasi Manajemen, dan Pengetahuan Manajer Akuntansi pada Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi,” e-Jurnal Akuntansi, Vol. 6, No. 1, hal. 1-16, 2014.

T. Sumarsan, “Perpajakan Indonesia,” PT. Indeks, Jakarta, 2013.

D. E. Kieso et al., “Intermediate Accounting,” 14th Edition, John Wiley & Sons Inc, Asia, 2011.

O’Brien, “Management System Information,” McGraw Hill, New York, 2010.

Russel, “Operation Management,” Prentice Hall, New Jersey, 2003.

M. Rifqi, “Kajian Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Open Source Joomla dengan menggunakan Auto Generate,” Jurnal Telematika MKOM, Vol. 4, No. 1, 2012.

A. Nasir dan Suhendi, “Penerapan Pengelolaan Transaksi Keuangan menggunakan Modul Accounting and Finance Odoo 10 Studi Kasus Yayasan SDIT Bahrul Fikri”, J. Inform. Terpadu, Vol. 4, No. 1, hlm. 01-06, 2018.

C. A. Lestari, “Implementasi Odoo dengan Modul Accounting and Finance di SD Islam Tunas Mandiri,” J. Inform. Terpadu, Vol. 3, No. 1, 2017.

L. Cahya Putri dan S. Suhendi, “Analisis dan Implementasi ERP pada Modul Point of Sale Studi Kasus Toko Tas Apidah”, J. Inform. Terpadu, vol. 7, no. 1, hlm. 01-07, Mar 2021.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>