Analisis Tingkat Efisiensi pada Konfigurasi Mikrotik Hotspot menggunakan Metode Zero Touch Provisioning

Isi Artikel Utama

Fariz
Henry Saptono
April Rustianto

Abstrak

ZTP (Zero Touch Provisioning) adalah sebuah inovasi dalam dunia IT, yang merubah cara melakukan konfigurasi perangkat yang sebelumnya manual menjadi otomatis. Inovasi ini tercipta dikarenakan semakin banyaknya kebutuhan akan perangkat jaringan. Tantangan tersendiri bagi perusahaan jaringan untuk mengelolanya baik dari sisi waktu dan biaya. Pada metode tradisional, Administrasi perangkat jaringan harus masuk ke setiap perangkat jaringan satu persatu untuk melakukan konfigurasi. Hal tersebut tentunya tidak efisien. Disinilah kelebihan dari otomasi, konfigurasi perangkat jaringan menjadi lebih efisiensi, ditambah pekerjaan yang sifatnya repetitive seperti backup konfigurasi, monitoring, bisa dilakukan dengan otomatis.  Pada penelitian ini penulis akan menguji sebara efisien penggunaan dari ZTP dengan cara membandingkan waktu konfigurasi dengan cara manual dan otomasi dengan ztp. Konfigurasi yang akan di lakukan pada penelitian ini adalah konfigurasi IP Address, membuat DHCP server, dan membuat hotspot pada MikroTik. Untuk memudahkan melakukan manajemen jaringan penulis membuat dashboard untuk mengetahui perangkat mana yang sudah dikonfigurasi. Sistem otomasi sendiri dibuat dengan menggunakan pemrograman Python yang memanfaatkan library utama Paramiko sebagai penghubung antara perangkat jaringan dengan server otomasi melalui protokol SSHv2.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fariz, F., Saptono, H., & Rustianto, A. (2021). Analisis Tingkat Efisiensi pada Konfigurasi Mikrotik Hotspot menggunakan Metode Zero Touch Provisioning. Jurnal Informatika Terpadu, 7(2), 47-52. https://doi.org/10.54914/jit.v7i2.333
Bagian
Artikel

Referensi

M. V. G. M. S. M. Mr. Raman Mishra, “Zero Touch Network: A Comprehensive Network Design Approach,” International Journal of Engineering Research & Technology, p. 1, 2019.

A. R. Komarudin, “Mikrotik Automation Using Scripting, SSH, & API,” dalam Mikrotik User Meeting, Yogyakarta, 2018.

H. Wadi, “Pemrograman Python: Untuk Pelajar & Mahasiswa,” TR Publisher, Mataram, 2018.

S. A. Qutsiah, M. K. Sophan dan Y. F. Hendrawan, “Aplikasi Pembelajaran Matematika Dasar Bangun Datar Menggunakan Python pada Perangkat Bergerak,” ISSN, p. 2, 2016.

R. A. Wiryawan dan N. R. Rosyid, “Pengembangan Aplikasi Otomatisasi Administrasi Jaringan berbasis Website menggunakan Bahasa Pemrograman Python,” Jurnal SIMETRIS, Vol. 10, No. 2, 2019.

K. Nugroho, A. D. Abrariansyah dan S. Ikhwan, “Perbandingan Kinerja Library Paramiko dan Netmiko Dalam Proses Otomasi Jaringan,” Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, vol. 5, p. 2, 2020.

E. Purwanto, “Implementasi Jaringan Hotspot dengan Menggunakan Router MikroTik sebagai Penunjang Pembelajaran,” Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa Surakarta, p. 2-3, 2015.

R. S. Lugina, “Rancang Bangun Multimedia Pembelajaran dengan Berbantu Metode Explicit Instruction untuk Mata Pelajaran Algoritma dan Pemrograman Dasar pada Materi Sorting,” p. 2, 2015.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama