Analisis dan Perancangan Aplikasi Mobile guna Kegiatan Mentoring berbasis Online

Isi Artikel Utama

Ayu Amalia
Suhendi

Abstrak

Globalisasi menjadikan sumber daya manusia sebagai salah satu kualitas atau keunggulan yang menjadi parameter dalam kebersaingan antar negara di dunia. Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul diperlukan seorang pembimbing berpengalaman yang dapat berperan sebagai advisor dan role model biasa juga disebut sebagai mentor. Untuk mempertemukan kedua pihak yaitu mentor dan mentee dirancanglah sebuah prototipe bersifat  e – learning yang dapat menyelesaikan masalah antar user dan sesuai dengan kebutuhan user. Prototipe ini menggunakan desain prototipe dari Aplikasi desain Figma serta menggunakan Unified Modelling Language (UML) untuk merancang desain kebutuhan fitur user maupun alur proses yang terjadi. Pembuatan prototipe ini menggunakan cara pengumpulan data berdasarkan kajian literatur untuk referensi tahap awal penelitian, kemudian pengambilan sampel dari kuesioner analisa kebutuhan Mentor dan Mentee kepada 113 responden yang terdiri dari kalangan umum masyarakat yang mengenyam pendidikan formal maupun non formal dan didapatkan hasil 85 dari 113 responden menyatakan membutuhkan prototipe tersebut. Penulis juga melakukan evaluasi terhadap prototipe yang sudah dibangun dengan bantuan user Mentor dan Mentee tertarget dan didapatkan hasil rata - rata setuju jika seluruh tampilan prototipe fungsinya bisa dipahami dan alur bisnis di dalamnya dapat diikuti.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Amalia, A., & Suhendi, S. (2021). Analisis dan Perancangan Aplikasi Mobile guna Kegiatan Mentoring berbasis Online. Jurnal Informatika Terpadu, 7(1), 21-26. https://doi.org/10.54914/jit.v7i1.328
Bagian
Artikel

Referensi

Y. A. Labola, “Konsep Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi, Bakat dan Ketahanan dalam Organisasi,” Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 7, No. 1, hal. 28-35, 2019.

N. T. Martoredjo, “Peran Dimensi Mentoring dalam Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia,” Humaniora, Vol. 6, No.4, hal. 444-452, 2015.

"Mentor”, Mentoring.org, 2019, [Online]. Available: https://www.Mentoring.org/ [diakses pada 7 Agustus 2020]

A. Amalia, “Perancangan Prototipe Aplikasi Prototipe Mentorship Online Berbasis Mobile,” Mentorship, 2020.

L. Bierema and S. B. Merriam, “E-Mentoring: Using Computer Mediated Communication to Enhance the Mentoring Process,” Innovative Higher Education, Vol. 26, No. 3, p. 211-227, 2002.

D. Rahadian, G. Rahayu, and R. R. Oktavia, “Teknologi Pendidikan: Kajian Aplikasi Ruangguru berdasarkan Prinsip dan Paradigma Interaksi Manusia dan Komputer,” PETIK, Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Vol. 5, No. 1, 2019.

A. H. Khatimah, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring pada Kegiatan Mentoring Character Building Training (CBT),” Skripsi S1, Makassar: Universitas Islam Negeri Alaudding Makassar, 2017.

T. W. Setyoko, “M-Bussiness Startup Analisis Bisnis dan Perancangan Ulang Marketplace Pendidikan Keterampilan dan Sertifikasi Profesi (Terampil),” Skripsi S1, Bandar Lampung: Universitas Lampung, 2020.

D. M. Hunt and C. Michael, “Mentorship: A Career Training and Development Tool,” Academy of Management, Vol. 8, No. 3, 1983.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>