Analisis dan Implementasi Sistem Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi berbasis Software Accurate pada Asrama Indonesia Quran Foundation

Isi Artikel Utama

Cica Nur Latifah
Suhendi

Abstrak

Indonesia Quran Foundation  merupakan suatu yayasan yang bergerak dibidang pendidikan kepemudaan berbasis Quran. Seiring dengan perkembangan yayasan ini mengalami peningkatan yang sangat pesat dan termasuk dalam pengelolaan keuangannya. Hasil wawancara Bendahara Asrama Indonesia Quran Foundation menyatakan bahwa saat ini Asrama Indonesia Quran Foundation masih menggunakan pencatatan secara manual dengan menggunakan Microsoft Excel. Pencatatan manual ini mulai dari pencatatan penerimaan pembayaran SPP mahasantri hingga laporan keuangannya. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan teknologi untuk memudahkan pencatatan dan penyusunan laporan keuangan yang akurat. Oleh karena itu, diperlukanlah sistem informasi  akuntansi. Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah kumpulan sumber daya, seperti manusia dan peralatan yang dirancang untuk mengubah data keuangan dan data lainnya menjadi informasi. Dalam penelitian ini sistem informasi akuntansi yang diterapkan adalah Accurate Accounting Software. Accurate Accounting Software adalah program akuntansi dan keuangan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam hal pencatatan akuntansi dan keuangan. Penulis melakukan penerapan Accurate pada Asrama Indonesia Quran Foundation dengan melalui beberapa rangkaian tahapan. Dimulai dari studi pendahuluan, melakukan analisis, implementasi, pengujian dengan metode black-box, hingga hasil evaluasi dan perbaikan. Penerapan sistem pembayaran uang SPP hingga laporan keuangan di Asrama Indonesia Quran Foundation telah berhasil dilakukan ke dalam tahap invoice dan sebagai bukti laporan keuangan kepada pihak yayasan Indonesia Quran Foundation.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nur Latifah, C., & Suhendi, S. (2020). Analisis dan Implementasi Sistem Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi berbasis Software Accurate pada Asrama Indonesia Quran Foundation. Jurnal Informatika Terpadu, 6(2), 82-88. Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jit/article/view/306
Bagian
Artikel

Referensi

Yuliana, Hana, Triandi, “Peranan Program Accurate Accounting terhadap Efektivitas Pencatatan Laporan Penjualan Kredit, 2013.

Meriana, & R. Pratiwi, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Menggunakan Software Accurate (Studi Kasus Pada PT. Singa Perkasa Abadi),” Akuntansi STIE Multi Data Palembang, 2014.

Herawati, & Rusli, “Penerapan Aplikasi Accurate dalam Penyusunan Laporan Keuangan UKM (Studi pada UKM PT Tri Utami Jaya Mataram),” Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram, 2017.

Baridwan, & Zaki, “Intermediate Accounting: Pengantar Akuntansi," Salemba Jakarta, 2004.

S. Munawir, “Analisis Laporan Keuangan,” Edisi keempat, Yogyakarta: Liberty, 2010.

Kasmir, “Laporan Keuangan,” Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>