Audit Sistem dan Evaluasi Tata Kelola menggunakan Framework COBIT 4.1 pada UPT Komputer STT Terpadu Nurul Fikri

Isi Artikel Utama

Muhammad Habib
Suhendi

Abstrak

IT Governance atau dalam bahasa indonesia berarti Tata Kelola Teknologi Informasi adalah bagian yang terintegrasi dari pengelolaan organisasi yang mencakup kepemimpinan, struktur serta proses organisasi yang memastikan bahwa teknologi informasi dimanfaatkan seoptimal mungkin. Tata kelola teknologi informasi memiliki cakupan yang lebih luas dan berkonsentrasi pada kinerja dan transformasi teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan saat ini dan yang akan datang baik dari internal maupun eksternal [3]. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana UPT komputer menerapkan Framework COBIT 4.1 dan sudah sampai dimana tingkat kematangannya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif yang datanya diambil lewat studi pustaka, studi lapangan, wawancara, observasi dan kuesioner. Lalu data yang didapat dari hasil wawancara dan kuesioner akan dinilai dan diolah agar  menjadi sebuah informasi. Berikut ini domain dan proses yang sudah penulis tentukan sebelumnya, yaitu domain Monitor and Evaluate & Deliver and Support. Untuk domain Monitor and Evaluate penulis menggunakan proses Monitor and Evaluate IT Performance & Provide IT Governance sedangkan domain Deliver and Support penulis menggunakan proses Define and manage Service Levels & Manage problem.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Habib, M., & Suhendi, S. (2020). Audit Sistem dan Evaluasi Tata Kelola menggunakan Framework COBIT 4.1 pada UPT Komputer STT Terpadu Nurul Fikri. Jurnal Informatika Terpadu, 6(2), 77-81. Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jit/article/view/305
Bagian
Artikel

Referensi

“Profil dan sejarah singkat STT–NF,” Website STT NF, [Online]. Available: https://www.nurulfikri.ac.id/index.php/id/tentang-stt-nf/profil.

P. Weill dan J. W. Ross, “IT Governance: How Top Performers Manage IT Decision Rights for Superior Results,” Boston, MA: Harvard Business School Press, 2004.

K. Surendro, “Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi,” Bandung: Informatika, 2009.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>