Analisis dan Implementasi Sistem Pengelolaan SDM menggunakan Aplikasi Odoo pada Medinat Art

Isi Artikel Utama

Sri Rejeki
Suhendi

Abstrak

Medinat Art merupakan suatu lembaga usaha berbasis online yang sudah berdiri sejak tahun 2015. Pelan-pelan mulai membenahi manajemen pengelolaan SDM agar lebih terstruktur. Salah satu upaya yang dilakukan seperti penggunaan Sistem Informasi SDM yaitu aplikasi Odoo untuk pengelolaan cuti karyawannya. Aplikasi Odoo merupakan aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) yang dibuat dalam bentuk Open Source. Sebelumnya ada banyak hal yang masih perlu dibenahi oleh Medinat Art mengenai pengelolaan cuti yang telah dilakukan. Salah satunya proses pengajuan cuti yang masih manual dan tidak terstruktur karena tidak ada SOP resmi. Sehingga masalah yang terjadi adalah tidak ada adanya wadah untuk mengetahui riwayat cuti karyawan, baik yang sudah diajukan maupun sisa hak cuti, serta terkesan mendadak yang mengakibatkan tidak ada pendelegasian tugas yang terencana sebelum karyawan cuti. Modul yang diterapkan dalam penelitian ini adalah modul Leaves. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan beberapa fitur dalam software Odoo, diantaranya: pembuatan jenis cuti, pemberian hak cuti, pengajuan cuti, pemberian hasil pengajuan cuti, melihat hasil pengajuan cuti. Pada penelitian ini diharapkan dapat memfasilitasi pengelolaan cuti, khususnya pengajuan dan pencatatan riwayat cuti agar tersistem sehingga kualitas manajemen SDM lebih baik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rejeki, S., & Suhendi, S. (2020). Analisis dan Implementasi Sistem Pengelolaan SDM menggunakan Aplikasi Odoo pada Medinat Art. Jurnal Informatika Terpadu, 6(2), 61-66. Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jit/article/view/292
Bagian
Artikel

Referensi

UU Nomor 13 tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan pasal 1 ayat 2.

UU Nomor 13 tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan pasal 78.

E. Budiyanto, “Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia Kerangka Teori dan Pendekatan Teknis,” Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

T. H. Handoko, “Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia,” Jilid 2, Yogyakarta: BPFE, 2008.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 24 tahun 1976 Tentang Cuti Pegawai Negeri Sipil.

UU Nomor 13 tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan pasal 79.

V. Fougatsaro, “A Study Open Source ERP Systems,” School of Management Blekinge Institute of Technology, Paris, 2009.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D,” Bandung: Alfabeta, 2014.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>