ANALISIS IMPLEMENTASI APLIKASI MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN, STUDI KASUS PT NCI

Isi Artikel Utama

Rusmanto

Abstrak

Manajemen hubungan pelanggan yang baik dibutuhkan bagian pemasaran perusahaan, termasuk perusahaan jasa pelatihan. Pemanfaatan teknologi informasi untuk manajemen hubungan pelanggan menjadi penting karena ketersediaan internet dan produk teknologi informasi lainnya untuk komunikasi pemasaran saat ini sangat luas. SugarCRM sebagai aplikasi sistem informasi manajemen hubungan pelanggan telah dimplementasikan dengan baik di berbagai perusahaan dunia dan diimplementasikan pula di perusahaan jasa di Indonesia. Analisis dilakukan untuk mengetahui manfaat SugarCRM di perusahaan jasa pelatihan dengan studi kasus PT NCI. Perusahaan yang sebelumnya hanya menggunakan aplikasi perkantoran umum dalam mengelola data pelanggan secara manual untuk melayani dan menjaga kesetiaan pelanggan terbukti menjadi lebih baik setelah menggunakan aplikasi SugarCRM sebagai sistem informasi pemasaran untuk manajemen hubungan pelanggan. Beberapa peningkatan kinerja bagian pemasaran itu antara lain menjadi lebih mudah dalam mengumpulkan dan mengakses data pelanggan, memahami harapan dan keinginan pelanggan, serta memberikan layanan kepada pelanggan, dengan harapan meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan pemasukan serta kuntungan perusahaan. Masih ditemukan beberapa kekurangan yang perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Penelitian lebih lanjut juga diperlukan antara lain untuk membandingkan SugarCRM dengan aplikasi sejenis lainnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rusmanto, R. (2015). ANALISIS IMPLEMENTASI APLIKASI MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN, STUDI KASUS PT NCI. Jurnal Informatika Terpadu, 1(1). https://doi.org/10.54914/jit.v1i1.19
Bagian
Artikel
Biografi Penulis

Rusmanto, STT Terpadu Nurul Fikri

     

Referensi

Phillip Kotler dan Kevin Lane Keller. (2009). Marketing Management, 13th Edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Mahdi Bahrami, Mazaher Ghorbani, S. Mohammad Arabzad. (2012). Information Technology (IT) as An Improvement Tool For Customer Relationship Management (CRM) , International Conference on Leadership, Technology and Innovation Management, Procedia - Social and Behavioral Sciences 41, Elsevier Ltd., p. 59-64.

CRM Outsiders. (2012). SugarCRM Whitepapers, sugarcrm.com/whitepapers, diakses terakhir pada 15 Maret 2014.