Implementasi Strategi Instagram Marketing Berbasis Model AIDA untuk Optimalisasi Konten UMKM Kuliner

Penulis

  • Muhammad Syahid Bayanussabil Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri
  • Shelly Pramudiawardani Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri
  • Rusmanto Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri

DOI:

https://doi.org/10.54914/jit.v11i2.2689

Kata Kunci:

Media Sosial, Minat Beli, Model AIDA, Pemasaran Instagram, UMKM

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan strategi pemasaran Instagram untuk optimalisasi copywriting model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) yang berpotensi meningkatkan minat beli konsumen pada UMKM Mie Ayam Bakso Mas Dava. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis Instagram Insights. Data dianalisis menggunakan NVivo untuk mengidentifikasi tema berdasarkan model AIDA, divalidasi dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi berhasil dirancang dengan konten Reels, Stories, dan Feed berbasis AIDA, mencapai 5.171 tayangan, 222 interaksi, dan 27 klik Linktree berdasarkan Instagram Insights pada periode April–Mei 2025. Reels menjadi format paling efektif, diikuti Stories dan Feed. Implementasi menunjukkan indikasi peningkatan minat beli melalui visual estetik dan ajakan bertindak (CTA) yang jelas. Namun, keterbatasan jumlah pengikut (53) dan kendala geografis menunjukkan perlunya peningkatan frekuensi Reels dan penggunaan Instagram Ads. Penelitian ini berkontribusi pada strategi pemasaran digital untuk meningkatkan daya beli UMKM.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. R. Ramadhani and A. Rahmah, “Analisis Strategi Pembelajaran Soft Skill Berbasis Media Sosial: Studi Kasus Perguruan Tinggi,” Jurnal Informatika Terpadu, vol. 7, no. 1, pp. 39–46, 2021, [Online]. Available: https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT

M. F. Alfajri, V. Adhiazni, and Q. Aini, “Pemanfaatan Social Media Analytics pada Instagram Dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran,” Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2019.

R. N. Permadi, M. R. Sari, and N. Prawitasari, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM,” Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi, Jun. 2022.

Kominfo, “Satu Dekade, Transformasi Digital UMKM Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional,” Sep. 2024. [Online]. Available: https://www.infopublik.id/kategori/siaran-pers/870923/siaran-pers-satu-dekade-transformasi-digital-umkm-dorong-pertumbuhan-ekonomi-nasional

B. E. Evania, R. Kastaman, and T. Pujianto, “Penggunaan Media Sosial dengan Pendekatan Model Aida bagi Roti Bund dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen,” Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 2021.

D. Untari and D. E. Fajariana, “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik),” Widya Cipta, vol. 2, no. 2, pp. 271–278, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

J. R.Skawanti and F. A. Sungkar, “Pengaruh Instagram Marketing dengan Model AIDA Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran DAIJI RAAMEN BOGOR,” Bogor Hospitality Journal, vol. 7, no. 1, 2023, [Online]. Available: http://ojs.stpbogor.ac.id

A. Mujahidin and I. Khoirianingrum, “Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) pada Zakiyya House Bojonegoro,” Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 2019. [Online]. Available: http://prosiding.unimus.ac.id

E. Tri Priyatni, A. W. Suryani, R. Fachrunnisa, A. Supriyanto, and I. Zakaria, Pemanfaatan NVivo dalam Penelitian Kualitatif NVivo untuk Kajian Pustaka, Analisis Data, dan Triangulasi. Pusat Pendidikan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2020.

W. V. Nurfajriani, M. W. Ilhami, A. Mahendra, R. A. Sirodj, and M. W. Afgani, “Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 10, no. 17, pp. 826–833, 2024, doi: 10.5281/zenodo.13929272.

T. Wulandari and A. Mudinillah, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD,” Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), vol. 2, no. 1, pp. 102–118, Feb. 2022, doi: 10.32665/jurmia.v2i1.245.

Unduhan

Diterbitkan

24-11-2025

Cara Mengutip

Bayanussabil, M. S., Pramudiawardani, S., & Rusmanto, R. (2025). Implementasi Strategi Instagram Marketing Berbasis Model AIDA untuk Optimalisasi Konten UMKM Kuliner. Jurnal Informatika Terpadu, 11(2), 144–150. https://doi.org/10.54914/jit.v11i2.2689