Analisis dan Implementasi Sistem Informasi Pengelolaan SDM berbasiskan OrangeHRM di SDIT AL QUDWAH

Isi Artikel Utama

Afifah Sausan
Rusmanto

Abstrak

Human Resource Information System (HRIS) adalah sistem informasi untuk mendukung kegiatan-kegiatan manajer di fungsi sumber daya manusia. Fungsi ini dulunya bernama fungsi departemen personalia, yang sekarang diubah namanya menjadi fungsi SDM untuk menunjukkan bahwa manusia di dalam organisasi adalah sumber daya ekonomis yang penting (Jogiyanto HM, 2005:249). Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Sistem Informasi SDM menggunakan OrangeHRM untuk mendokumentasikan data khususnya pada penilaian kinerja karyawan di SDIT Al-Qudwah, mengetahui hasil dari implementasi Sistem Informasi SDM menggunakan OrangeHRM dalam hal penilaian kinerja karyawan di SDIT Al-Qudwah untuk mengurangi penggunaan kertas dan pertemuan langsung dengan guru yang dinilai, dan mengetahui nilai manfaat dari OrangeHRM untuk penilaian kinerja karyawan di SDIT Al-Qudwah. Tahapan dalam penelitian ini adalah studi pendahuluan, analisis dan perancangan, implementasi, uji coba, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Implementasi OrangeHRM di bagian SDM SDIT Al-Qudwah dapat mendokumentasikan data khususnya data penilaian kinerja guru di dalam modul Performance dan PIM, OrangeHRM dapat mengurangi proses pertemuan langsung dengan guru yang bersangkutan pada proses penilaian kinerja dengan jumlah jawaban setuju 64%, mengurangi penggunaan kertas, mengurangi waktu proses penilaian kinerja guru dan OrangeHRM sangat bermanfaat pada proses penilaian kinerja guru di SDIT Al-Qudwah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sausan, A., & Rusmanto, R. (2019). Analisis dan Implementasi Sistem Informasi Pengelolaan SDM berbasiskan OrangeHRM di SDIT AL QUDWAH. Jurnal Informatika Terpadu, 5(1), 01-05. Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jit/article/view/160
Bagian
Artikel

Referensi

Rusmanto, “Analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen SDM OrangeHRM, Studi Kasus Bagian Kepegawaian STT NF,” Jurnal Informatika Terpadu, 2015.

Amirullah, “Pengantar Manajemen,” Jakarta: Mitra Wacana Media, 2015.

I. K. Rachmawati, “Manajemen Sumber Daya Manusia,” Yogyakarta: C.V Andi OFFSET, 2008.

Sedarmayanti, “Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil,” Edisi Revisi, Bandung: PT Refika Aditama, 2017.

J. Luhukay, “Analisis Penerapan Aplikasi OrangeHRM pada Departemen Human Resource Development (Studi Kasus: Departemen HRD Bakrie Microfinance Indonesia),” 2012.