Penerapan Efektifitas Firewall pada Software Defind Network berbasis Openflow

Isi Artikel Utama

Fathul Muiin
Henry Saptono

Abstrak

Penggunaan akses internet di dunia semakin berkembang, dan selaras dengan perkembangan teknologi jaringan komputer yang semakin kompleks. Oleh karena itu, keamanan data pada sebuah komputer menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah jaringan. Dan SDN merupakan sebuah solusi untuk menyediakan kebutuhan jaringan komputer saat ini. Software Defined Network (SDN) merupakan pendekatan pada teknologi jaringan yang melakukan penyederhanaan terhadap kontrol dan manajemen jaringan. Pada jaringan ini nantinya akan menggunakan protokol openflow, yang prinsip utamanya memisahkan fungsi control plane dan data plane pada perangkat. Kontrol jaringan pada sebuah controller bersifat programmable, jadi dengan adanya SDN maka jaringan akan mudah diatur dan lebih fleksibel. Implementasi dan analisis firewall ini menggunakan emulator mininet untuk membuat topologi jaringan yang sederhana. Dalam pengujian firewall menggunakan bahasa XML untuk implementasi aliran data, lalu menggunakan aplikasi postman sebagai alat untuk menambahkan flow table baru pada switch, dan controller yang digunakan adalah Opendaylight.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Muiin, F., & Saptono, H. (2018). Penerapan Efektifitas Firewall pada Software Defind Network berbasis Openflow. Jurnal Informatika Terpadu, 4(2), 46-57. https://doi.org/10.54914/jit.v4i2.153
Bagian
Artikel

Referensi

B. A. Linuwih, A. V, “Perancangan dan Analisis Software Defined Network pada Jaringan LAN: Penerapan dan Analisis Metode Penjaluran Path Calculating Menggunakan Algoritma Dijkstra,” 2016.

A. R. Sudiyatmoko, S. N. “Analisis Performansi Perutingan Link State Menggunakan Algoritma Djikstra pada Platform Software Defined Network (SDN),” 2016.

M. Syafrizal, “Pengantar Jaringan Komputer,” Yogyakarta, 2005.

J. H. Green, “Local Area Network A User's Guide For Business Professionals,” London: Scott, Foresman and Company, 1985.

M. Betts, Z. “Open Networking Foundation”. SDN Architecture, 2014.

A. Kaur, V. S. ,“Building L2-L4 Firewall using Software Defined Networking,” 2017.

R. Kartadie, E. U., “Prototipe Infrastruktur Software Defined Network dengan Protokol Openflow Menggunakan Ubuntu Sebagai Kontroller,” 2014.

R. Kartadie, B. S., “Uji Performa Kontroller Floodlight dan Opendaylight Sebagai Komponen Utama Arsitektur Software Defined Network,” 2015.

R. Tulloh, R. M., “Simulasi Virtual Local Area Network (VLAN) Berbasis Software Defined Network (SDN) Menggunakan POX Controller,” 2015.

Noor, Juliansyah, “Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah.” Jakarta: Kencana, 2017.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama