Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce menggunakan Framework Ruby on Rail Studi Kasus PT Hujan Rahmat Nusantara

Isi Artikel Utama

Muhamad Ikhsan
Hilmy Abidzar Tawakal

Abstrak

PT Hujan Rahmat Nusantara adalah perusahaan distributor tunggal produk AHASS Honda yakni Wiper mobil dan menjual produk-produk Harlaey Davidson. PT Hujan Rahmat Nusantara memiliki banyak reseller dan selalu bertambah tiap bulannya. Selama ini manajemen yang ada di PT Hujan Rahmat Nusantara dikelola secara manual menggunakan buku besar, aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel. Dimana dengan sistem manual dalam pengelolaan data transaksi dapat mengakibatkan integritas dan keamanan data yang tidak terjamin serta keterlambatan akan informasi sehingga permasalahan waktu dan tingkat validitas data disederhanakan seminimal mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk membangun Web E-Commerce menggunakan pemrograman Ruby yang melibatkan framework Ruby On Rails dan database PostgreSQL. Hasil penelitian ini menerapkan beberapa fitur yang dapat membantu penjualan, pendataan produk, melayani request client sampai mengatur reseller agar dapat mudah dikelola oleh manajemen PT Hujan Rahmat Nusantara.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ikhsan, M., & Tawakal, H. A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce menggunakan Framework Ruby on Rail Studi Kasus PT Hujan Rahmat Nusantara. Jurnal Informatika Terpadu, 4(2), 40–45. https://doi.org/10.54914/jit.v4i2.152
Bagian
Artikel

Referensi

S. Kosasi. “Perancangan dan Pemanfaatan E- Commerce untuk Memperluas Pasar Produk Furniture,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi , 2015.

Binus University, “Analisis dan Perancangan Aplikasi Jejaring Sosial Penjualan berbasis Web,” 2008.

A. Alliance, “Manifesto for Agile Software Development,” 2001, [Online]. Available: http://www.agilemanifesto.org/

T. Handson, “Model View Controller (MVC),” p. 9, 2005.

ASM BSI Jakarta, “Definisi UML,” Rekayasa Perangkat Lunak Dengan Model Unified Process Studi Kasus: Sistem Informasi Journal, 2016.

Anonim, “Menguasai Ruby dalam 20 Menit,” 2007, [Online]. Available: http://www.rubylang.org/id/documentation/quickstar

Language User Guide. 1st Edition. Addison Wesley

Nawawi Muhammad Ridwan, "Analisa dan Perancangan Aplikasi Jejaring Sosial Penjualan berbasis Web," 2008.

Rudy, George A. A. Ryan M. A. Yohanna, "Perancangan E-Commerce pada PT Daf," 2010.

S. Damayanti, H. Maryanti, E. S. Djatikusuma, "Sistem Informasi E-Commerce pada PT An-Nur Cahaya Indah Palembang,” 2011.