Evaluasi situs E-Commerce Itemku.com menggunakan Metode PIECES

Isi Artikel Utama

Muhammad Yusuf Fadhil
Suhendi

Abstrak

Abstrak Penelitian ini diajukan untuk menganalisis situs e-commerce itemku, Itemku merupakan e-commerce yang sudah berdiri dan berjalan kurang lebih selama 4 tahun. Fitur dan layanan yang tersedia situs Itemku beragam dan berguna membantu Gamers mencari dan memenuhi kebutuhannya khususnya dalam bertransaksi. Masih ada masalah dari fitur dan layanan yang tersedia di Itemku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis kekurangan dan rekomendasi dari situs Itemku menggunakan metode PIECES yang terdiri dari: performance, Information and Data, Control and Security, Efficiency, dan Service. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan saat ini fitur dan layanan di Itemku saat ini secara keseluruhan sudah baik, tapi masih ada temuan kekurangan dari fitur dan layanan yang ada seperti proses pencairan saldo yang belum sesuai, fitur keamanan yang belum maksimal, fee di Itemku masih tinggi dan belum ada ketetapan harga, dan belum ada platform Itemku berbasis Android dan IOS, dari fitur dan layanan yang masih kurang maksimal karena secara keseluruhan baik dan sudah  memenuhi kebutuhan Gamers mengakibatkan masih sedikitnya minat menggunakan dan bertransaksi di Itemku.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fadhil, M. Y., & Suhendi, S. (2018). Evaluasi situs E-Commerce Itemku.com menggunakan Metode PIECES. Jurnal Informatika Terpadu, 4(1), 30-33. Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jit/article/view/137
Bagian
Artikel
Biografi Penulis

Muhammad Yusuf Fadhil, STT Terpadu Nurul Fikri

Penelitian ini diajukan untuk menganalisis situs e-commerce itemku, Itemku merupakan e-commerce yang sudah berdiri dan berjalan kurang lebih selama 4 tahun. Fitur dan layanan yang tersedia situs Itemku beragam dan berguna membantu Gamers mencari dan memenuhi kebutuhannya khususnya dalam bertransaksi. Masih ada masalah dari fitur dan layanan yang tersedia di Itemku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis kekurangan dan rekomendasi dari situs Itemku menggunakan metode PIECES yang terdiri dari: performance, Information and Data, Control and Security, Efficiency, dan Service. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan saat ini fitur dan layanan di Itemku saat ini secara keseluruhan sudah baik, tapi masih ada temuan kekurangan dari fitur dan layanan yang ada seperti proses pencairan saldo yang belum sesuai, fitur keamanan yang belum maksimal, fee di Itemku masih tinggi dan belum ada ketetapan harga, dan belum ada platform Itemku berbasis Android dan IOS, dari fitur dan layanan yang masih kurang maksimal karena secara keseluruhan baik dan sudah memenuhi kebutuhan Gamers mengakibatkan masih sedikitnya minat menggunakan dan bertransaksi di Itemku. Kata kunci       : Analisis kekurangan, Gamers, fitur dan layanan, PIECES.

Referensi

K. Cohen, “Global E-Commerce Sales, Trends and Statistics”, 2016. [Online] Available: https://www.remarkety.com/global-ecommerce-trends-2016. [diakses pada 18 Juni 2017]

Statista, “Transaksi E-Commerce Indonesia Naik 500% dalam 5 Tahun”, Katadata.co.id, 2016. [Online] Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/11/16/transaksi-e-commerce-indonesia-naik-500-dalam-5-tahun

N. Kristiadi, “E-Commerce, Manfaat, dan Keuntungannya,” 15 Agustus 2017. [Online] Available: https://www.kompasiana.com/novikristiadi/5992634e93be2508e06c5402/e-commerce-manfaat-dan-keuntungannya

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>