Implementasi Sistem Informasi Kepegawaian menggunakan OrangeHRM Studi Kasus SMPIT Al-Qudwah Depok

Isi Artikel Utama

Fasyikhatun Maidah
Rusmanto

Abstrak

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia merupakan sistem yang digunakan untuk mendukung pengelolaan sumber daya manusia. OrangeHRM merupakan salah satu sistem informasi sumber daya manusia yang dapat digunakan untuk membantu pengelolaan SDM. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan OrangeHRM di SMPIT Al-Qudwah dengan menggunakan modul PIM (Personnel Information Management), ESS (Employee Self Service), Leave (Cuti), dan mengetahui pengelolaan SDM sesudah menggunakan OrangeHRM. Tahapan penelitian ini yaitu mulai dari studi pendahuluan, analisis dan perancangan, implementasi sistem, uji coba, penarikan kesimpulan dan saran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa OrangeHRM dapat implementasikan di SMPIT Al-Qudwah serta pengelolaan SDM sesudah menggunakan OrangeHRM menjadi lebih mudah serta cepat dari segi waktu. Hal tersebut didukung oleh hasil presentase “Setuju” bahwa penggunaan OrangeHRM mempercepat pengajuan cuti dari segi waktu, mempermudah pengajuan cuti dan pencarian data pegawai, serta menghemat pengeluaran kertas yaitu sebesar 97%.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maidah, F., & Rusmanto, R. (2018). Implementasi Sistem Informasi Kepegawaian menggunakan OrangeHRM Studi Kasus SMPIT Al-Qudwah Depok. Jurnal Informatika Terpadu, 4(1), 23-29. Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jit/article/view/136
Bagian
Artikel

Referensi

H. Jogiyanto, “Analisa dan Desain Sistem Informasi,” 2005.

G. S. Raymond Mcleod, “Sis.tem Informasi Manajemen,” Jakarta: PT. Salemba Empat Patria, 2007.

M. S. P. Hasibuan, “Manajemen Sumber Daya Manusia,” Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

D. M. Marihot Tua Efendi Hariandja, “Manajemen Sumber Daya Manusia. Pengadaan, Pengembangan, Pengkopensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai,” 2007.

A. Kadir, “Pengenalan Sistem Informasi,” Edisi Revisi, Yogyakarta: Andi, 2014.