Implementasi UI/UX Aplikasi Mobile Teepties untuk Monitoring Perkembangan Siswa SDIT Bina Auladi Menggunakan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.54914/dbesti.v2i2.1984Kata Kunci:
Aplikasi Mobile, Design Thinking, Monitoring Siswa, TeepTies, UI/UXAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang user interface dan user experience (UI/UX) aplikasi mobile bernama TeepTies yang digunakan untuk memantau perkembangan siswa di SDIT Bina Auladi. Permasalahan yang ditemukan di sekolah ini adalah kurangnya komunikasi terstruktur antara guru dan orang tua terkait perkembangan siswa, terutama dalam aspek non-akademik. Metode Design Thinking dipilih karena pendekatan ini berfokus pada kebutuhan pengguna dan mendorong solusi inovatif melalui proses iteratif yang melibatkan pemahaman mendalam terhadap permasalahan. Penelitian ini mengikuti lima tahapan Design Thinking, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil perancangan menghasilkan prototype aplikasi berbasis mobile dengan berbagai fitur seperti laporan perkembangan akademik dan non-akademik, absensi, pesan langsung, dan pengumuman. Evaluasi dilakukan melalui usability testing dan System Usability Scale (SUS), dengan nilai rata-rata SUS sebesar 72,3 yang termasuk dalam kategori "Acceptable", menunjukkan bahwa rancangan aplikasi dinilai baik oleh pengguna. Aplikasi TeepTies diharapkan dapat menjadi solusi digital yang efektif dalam meningkatkan kolaborasi antara guru dan orang tua dalam memantau perkembangan anak di sekolah.
Unduhan
Referensi
Y. (L.) R. Chassiakos et al., “Children and Adolescents and Digital Media,” Pediatrics, vol. 138, no. 5, p. e20162593, Nov. 2016, doi: 10.1542/peds.2016-2593.
A. Pusitaningtyas, “Pengaruh Komunikasi Orang Tua Dan Guru Terhadap Kreativitas Siswa,” Proceedings of The ICECRS, vol. 1, no. 1, Oct. 2016, doi: 10.21070/picecrs.v1i1.632.
S. V. K. Erwi et al., “Perancangan UI/UX Pada Aplikasi V&F Menggunakan Metode Design Thinking,” Proceeding MDP Student Conference (MDP-SC), vol. 1, No. 1, 2022.
A. N. Siam and A. Fauzi, “Penggunaan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Mobile Aplikasi Prevent (Studi Kasus: Studi Independen Alterra),” Journal MIND Journal | ISSN, vol. 8, no. 2, pp. 130–141, 2023, doi: 10.26760/mindjournal.v8i2.130-141.
I. Mahardhika, H. Kusumawardhana, N. H. Wardani, and A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi BNI Mobile Banking Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, pp. 7708–7716, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
J. Enterprise, Pengantar Desain UI/UX. Elex Media Komputindo, 2024.
M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan UI/UX Aplikasi My CIC Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” Jurnal Digital Information Technology (DIGIT), Vol. 10, No. 2, 2020. [Online]. Available https://jurnaldigit.org/.
V. Zieglmeier and A. M. Lehene, “Designing Trustworthy User Interfaces,” in ACM International Conference Proceeding Series, Association for Computing Machinery, Nov. 2021, pp. 182–189. doi: 10.1145/3520495.3520525.
E. C. Shirvanadi, Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center, Skripsi, Teknik Informatika, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2021. [Online]. Tersedia: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34156
A. M. Nidhom, “Interaksi Komputer dan Manusia,” Ahlimedia Book, 2019.
Z. Gustina, A. Husnayayin, and E. C. D. Dewi, “Karakteristik Dan Langkah-Langkah Metode Penelitian Research And Development (Borg & Gall) Dalam Pendidikan,” Pendas, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Dec. 2024, Accessed: Jun. 18, 2025. [Online]. Available: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/19906
F. S. Putra, H. Muslimah Az-Zahra, and L. Fanani, “Evaluasi Usability Aplikasi Perangkat Bergerak AlgoritmaKopi menggunakan Metode Usability Testing,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, pp. 8130–8139, Aug. 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
Y. Sriyeni, M. I. Mi’raj, and M. Veronica, “Evaluasi Kualitas Aplikasi Smartkit Menggunakan Metode Usabilty Testing.” in Seminar Nasional CORIS, 2022, 275–285.
Nurul Fikriyah, “Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Learning pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dengan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Kelas X TKJ di SMKN 1 Dlanggu Mojokerto)”, J-PTIIK, vol. 5, no. 12, hlm. 5188–5195, Okt 2021. [Daring]. Tersedia pada: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10201
M. Alvian Kosim, S. Restu Aji, and M. Darwis, “Pengujian Usability Aplikasi Pedulilindungi Dengan Metode System Usability Scale (SUS) 1),” Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi, vol. 4, no. 2, 2022.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nabilah Khariyyah, Krisna Panji, Shelly Pramudiawardani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


