ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SDM ORANGEHRM, STUDI KASUS BAGIAN KEPEGAWAIAN STT NF

Isi Artikel Utama

Abstrak

Teknologi informasi semakin dibutuhkan berbagai institusi, antara lain untuk memudahkan manajemen SDM (sumber daya manusia). Biaya rendah menjadi salah satu kriteria pemilihan aplikasi sistem informasi manajemen SDM. Penggunaan aplikasi perangkat lunak komputer perkantoran kode terbuka yang dapat diperoleh dengan biaya murah untuk pengadministrasian pegawai atau SDM belum mencukupi kebutuhan itu, karena kurang sistematis sehingga masih terjadi beberapa masalah seperti kesulitan dalam mengakes informasi pegawai secara cepat dan akurat. Penelitian telah dilakukan untuk mengimplementasikan aplikasi sistem informasi SDM OrangeHRM dengan metode studi kasus pada Bagian Kepegawaian Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri atau STT NF. OrangeHRM dipilih karena termasuk open source yang biaya lisensinya gratis dan berdasarkan penelitian sebelumnya telah berhasil diimplementasikan di perusahaan. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan penggunaan aplikasi OrangeHRM itu telah memenuhi kebutuhan dasar sistem informasi SDM di institusi sejenis STT NF, antara lain tersedia modul administrasi sistem informasi SDM yang mudah digunakan bagian kepegawaian, modul manajemen informasi personal, modul waktu kehadiran dan pelaksanaan kegiatan, modul cuti, modul perekrutan pegawai, modul kinerja, dan modul laporan. Untuk lebih berdaya guna sesuai kebutuhan institusi, OrangeHRM yang berlisensi kode terbuka ini dapat dikembangkan lebih lanjut tanpa hambatan teknologi dan hukum.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SDM ORANGEHRM, STUDI KASUS BAGIAN KEPEGAWAIAN STT NF. (2015). Jurnal Informatika Terpadu, 1(1). Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jit/article/view/20
Bagian
Jurnal Informatika Terpadu