Perancangan Keamanan Jaringan Next-Generation Firewall menggunakan Router Fortinet pada PT. Alodokter Teknologi Solusi

Isi Artikel Utama

Erwin Dwi Setiawan
Ridwansyah
Mugi Raharjo

Abstrak

Serangan yang terjadi pada sistem jaringan komputer bisa terjadi kapan saja. Oleh karena itu, penting untuk mengimplementasikan ide keamanan jaringan berupa firewall. Peneliti melakukan metode observasi dan beberapa tahapan penelitian seperti Analisa kebutuhan, desain, testing dan implementasi. Next-Generation Firewall pada router Fortinet dapat membuat keamanan jaringan menjadi lebih ketat, karena dalam Next-Generation Firewall terdapat fitur tambahan seperti Intrusion Prevention System (IPS), Web Filtering dan Application Control sehingga dapat menjaga keamanan jaringan, menangkal serangan siber dari pihak ketiga, membatasi akses internal yang berpotensi menyebabkan serangan atau hal yang berdampak negatif bagi user internal dan dapat meninjau traffic di berbagai platform yang ada pada jaringan. Hasil dari penelitian ini adalah dengan Next-Generation Firewall pada router Fortinet dapat membantu menjaga keamanan jaringan internet, menangkal serangan siber dari pihak ketiga, membatasi akses internal yang berpotensi menyebabkan serangan atau hal yang berdampak negatif bagi user internal dan dapat memantau traffic di berbagai platform dalam jaringan, Fitur Intrusion Prevention System (IPS) dapat membantu secara aktif memasukkan traffic mencurigakan ke daftar hitam. Dengan adanya Next-Generation Firewall, user internal tidak dapat mengakses hal yang tidak diizinkan dan dapat memantau traffic yang digunakan serta menangkal serangan siber dari pihak ketiga. PT. ALODOKTER TEKNOLOGI SOLUSI dapat mencegah terjadinya serangan, memblokir traffic mencurigakan dan menjadi lebih aman.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dwi Setiawan, E., Ridwansyah, & Raharjo, M. . (2023). Perancangan Keamanan Jaringan Next-Generation Firewall menggunakan Router Fortinet pada PT. Alodokter Teknologi Solusi. Jurnal Informatika Terpadu, 9(1), 34–39. https://doi.org/10.54914/jit.v9i1.649
Bagian
Artikel

Referensi

W. W. Purba, R. Efendi, F. Teknologi, I. Universitas, and K. Satya, “Perancangan dan analisis sistem keamanan jaringan komputer menggunakan SNORT,” vol. 17, no. 2, pp. 143–158, 2021.

I. F. B. Andoro, H. Agung Budijanto, and M. Aidjili, “Analisa Keamanan Jaringan Dengan Mikrotik,” RISTEK J. Riset, Inov. dan Teknol. Kabupaten Batang, vol. 6, no. 2, pp. 35–39, 2022.

A. Riduan and N. Sadikin, “Perancangan Firewall Menggunakan Fortigate Di Pt . Swadharma Duta Data,” vol. 8, no. 1, pp. 90–98, 2021.

A. Hidayat and D. S. P. Prakoso, “RANCANGAN TOPOLOGI DAN IMPLEMENTASI JARINGAN INTERNET PADA PERUSAHAAN PT KRESNA GRAHA INVESTAMA Tbk. Akik,” J. Tek. Inform., vol. 3, no. 1, p. 82, 2021.

N. K. Dewi and A. S. Putra, “Pengembangan Sistem Jaringan Menggunakan Local Area Network Untuk Meningkatkan Pelayanan ( Studi Kasus di PT . ARS Solusi Utama ),” TEKINFO Vol. 22, No. 1, April 2021, vol. 22, no. 1, pp. 66–81, 2021.

Edavos, “Pengertian Topologi dan 10 Jenis Perangkat Jaringan Komputer.” .

Pro.co.id, “Pengertian IP Address, Fungsi, Jenis dan Penjelasan Pembagian Kelas IP Adress.” .

A. Darojat and I. Nurhaida, “Analisa Qos Administrative Distance,” J. Ilmu Tek. dan Komput., vol. 3, no. 1, pp. 11–21, 2019.

C. Purnama and P. Astuti, “Implementasi Virtual Private Network Menggunakan Protokol L2TP Untuk Meningkatkan Keamanan Data Pada Fakultas Hukum Universitas Indonesia,” vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2020.

Cloudflare, “Next-generation firewall (NGFW) vs. firewall-as-a-service (FWaaS) | Cloudflare.” .

Herza.id, “Kekuatan NGFW (Next Generation Firewall) Technology - Herza.ID.” .