Analisis dan Perancangan Sistem Repositori Tugas Akhir Studi Kasus STT Terpadu Nurul Fikri menggunakan Framework Website MVC

Isi Artikel Utama

Miftakhul Aris
Yekti Wirani

Abstrak

Sistem informasi repository tugas akhir ini merupakan ide yang muncul untuk membantu STT NF dalam mengelola pengarsipan tugas akhir yang sebelumnya masih secara manual menjadi sebuah sistem digital yang baru dan modern. Sistem informasi repository tugas akhir merupakan sistem yang diharapakan dapat membantu STT NF untuk mengatur pengarsipan data-data tugas akhir yang telah dikerjakan mahasiswa menjadi lebih rapi, aman dan mudah untuk dikelola. Sistem informasi repository TA dikembangkan menggunakan metode unified process dan pemodelan analisis berorientasi objek, lalu diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework YII. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem repository tugas akhir berbasis website yang dapat mengarsipkan data tugas akhir mahasiswa. Dapat digunakan untuk melakukan pencarian dan menampilkan data tugas akhir yang ada melalui interface admin maupun pengguna; dalam hal ini, mahasiswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Aris, M., & Wirani, Y. (2020). Analisis dan Perancangan Sistem Repositori Tugas Akhir Studi Kasus STT Terpadu Nurul Fikri menggunakan Framework Website MVC. Jurnal Informatika Terpadu, 6(2), 96-100. Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jit/article/view/373
Bagian
Artikel

Referensi

STT NF, [Online]. Available: akademik.nurulfikri.ac.id

S. Munir, Interviewee, Personal Communication. [Interview]. 6 May 2019.

A. Zakir, "Implementasi Teknologi Framework YII pada Aplikasi berbasis Website," Info TekJar: Jurnal Nasional Informatikan dan Teknologi Jaringan, Vol 2, No 1, 2017.

W. Adidaya, "Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akademik STT NF Modul Administrasi Keuangan berbasis Web menggunakan MVC Framework," 2015.

E. Mayofani, "Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Repository Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi PNP berbasis Website menggunakan YII Framework," Ph.D Diss., Padang: Politeknik Negeri Padang, 2017.

Nur’Ainun, Hartono, and Jimmy, "Perancangan Aplikasi Mobile Repository Skripsi STMIK IBBI Medan berbasis Android," Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, Vol. 5, No. 2, 2017.

F. M. Hidayat, and U. H. Haeruddin, "Sistem Informasi Repository Skripsi pada fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman,” in Proceeding 2nd SAKTI, 2017.

A. A. Nugroho, “Analisis dan Pengembangan Sistem Ujian Akhir Semester Berbasis Komputer Di SMK Negeri 1 Magelang," 2018.

Sugiyono, "Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D," 2007.