Pengembangan Aplikasi Monitoring Perkembangan Janin Berbasis Website

Isi Artikel Utama

Zaki Imaduddin
Arif Ariyanto
Faiz Khoiron

Abstrak

Pemantauan terhadap perkembangan janin akan memudahkan untuk mendeteksi adanya gejala pertumbuhan janin yang tidak normal. Pemantauan dilakukan dengan melakukan pengukuran dan perkiraan usia serta berat janin. Berat badan normal janin pada usia kehamilan tertentu mengacu pada data statistik kehamilan. Janin yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat menimbulkan masalah yang cukup serius bagi proses persalinan maupun perkembangan bayi. Proses pemantauan perkiraan usia dan berat janin dapat dilakukan dengan mengukur tinggi fundus uteri dengan menggunakan perhitugan rumus Johnson. Guna memudahkan proses pemantauan dan pemberian informasi bagi ibu hamil dalam bentuk grafik, diperlukan sebuah sistem informasi yang dapat diakses dengan mudah. Sebuah sistem yang merekam perkembangan janin dan memberikan informasi yang mudah dipahami mengenai perkembangan janin bagi ibu hamil. Karenanya pengembangan aplikasi monitoring perkembangan janin menjadi penting. Diharapkan dengan dikembangkannya aplikasi monitoring perkembangan janin, ibu hamil menjadi mudah untuk melakukan proses pencatatan dan pengawasan perkembangan janin. Metode untuk mengukur perkembangan berat badan janin dilakukan dengan menggunakan pengukuran biometri janin melalui tinggi fundus uteri. Aplikasi yang dikembangkan juga mampu menampilkan informasi grafis yang mudah dipahami mengenai perkembangan janin.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Imaduddin, Z., Ariyanto, A., & Khoiron, F. (2021). Pengembangan Aplikasi Monitoring Perkembangan Janin Berbasis Website. Jurnal Informatika Terpadu, 7(2), 70–74. https://doi.org/10.54914/jit.v7i2.362
Bagian
Artikel

Referensi

UNAIR News, “Buku Kesehatan Ibu dan Anak untuk Memonitor Perkembangan Anak Balita,” cakrawala, Mei 4, 2020.

U. Khasanah, Fitriyani, M. Khanifah, “Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Stimulasi Perkembangan Janin,” Jurnal Ilmu Kesehatan (JIK), Vol. V, No. II, 2013.

Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan, “Pentingnya Pemeriksaan Kehamilan (ANC) di Fasilitas Kesehatan,” promkes.kemkes.go.id, 12 Agustus 2018, [Online]. Available:

https://promkes.kemkes.go.id/pentingnya-pemeriksaan-kehamilan-anc-di-fasilitas-kesehatan

Z. Imaduddin and H. Saptono “Aplikasi Monitoring Perkembangan Janin (Antenatal Care) dengan Metode Scrum Berbasis Perangkat Mobile,” Jurnal Teknologi Terpadu, Vol. 5, No. 1, 2019.

A. N. Oktaviani, “Benarkah Tinggi Fundus Dapat Menentukan Kondisi Janin? Cari Tahu di Sini!,” orami.co.id, 12 Februari 2021, [Online]. Available:

https://www.orami.co.id/magazine/benarkah-tinggi-fundus-dapat-menentukan-kondisi-janin/

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM, “Rekomendasi WHO dalam Pelayanan Antenatal Care (ANC),” kanalpengetahuan.fk.ugm.ac.id, 2016, [Online]. Available:

https://kanalpengetahuan.fk.ugm.ac.id/rekomendasi-who-dalam-pelayanan-antenal-care-anc/

D. Prasetyo, “Gampang Banget! Ketahui Cara Menghitung Berat Janin dalam Kandungan,” popmama.com, 26 Januari 2019, [Online]. Available: https://www.popmama.com/pregnancy/third-trimester/fx-dimas-prasetyo/cara-menghitung-berat-janin/3

L. J. Simanjuntak, P. A. Simanjuntak “Perbandingan Rumus Johnson dan Rumus Risanto dalam Menentukan Taksiran Berat Janin pada Ibu Hamil dengan Berat Badan Berlebih,” Departemen Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen, 2020.