Analisis dan Implementasi Dashboard Monitoring Program Link and Match Perguruan Tinggi Berbasis Google Sheet

Isi Artikel Utama

Farah Shofiyah
Yekti Wirani

Abstrak

Sistem perkuliahan Link and Match adalah sebuah program perkuliahan yang dibuat untuk menggabungkan antara kurikulum pendidikan tinggi dengan kebutuhan di dunia kerja. Sejak diterapkannya sistem pembelajaran Link and Match di STT Terpadu Nurul Fikri yang sudah berjalan pada tahun 2019, terdapat permasalahan administratif seperti kesulitan melihat presensi, nilai akhir dan kinerja mahasiswa dalam link and match. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun Dashboard Sistem Informasi Link and Match Menggunakan Google Sheet yang memudahkan proses pengelolaan dan administrasi program link and match. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian mix methode yaitu menggabungkan antara jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan scrum untuk metode pengembangan dashboard. Hasil pengujian dari Implementasi Dashboard Sistem Informasi Link and Match sebesar 100% bagi Mahasiswa dan 98,9% bagi Dosen, yang berarti keberadaan dashboard ini memudahkan pemantauan administrasi dan pengelolaan Link and Match. Dashboard. Sistem Informasi Link and Match menyediakan fitur untuk melihat Nilai Akhir Mahasiswa, Persentase Presensi Mahasiswa, Rekap Presensi Kelompok Tiap Sprint, Tingkat Presensi Mahasiswa dengan persentase >75% dan <75%, Persentase  Pengurangan Poin Kelompok, Persentase Pengurangan Poin Individu, Nilai Tertinggi dan Terendah 3 Mahasiswa, Perbandingan  Nilai Kelompok Pada Tiap Sprint dan Logbook Kegiatan Mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Shofiyah, F., & Wirani, Y. (2021). Analisis dan Implementasi Dashboard Monitoring Program Link and Match Perguruan Tinggi Berbasis Google Sheet. Jurnal Informatika Terpadu, 7(2), 53–61. https://doi.org/10.54914/jit.v7i2.351
Bagian
Artikel

Referensi

M. Asqia dan Prihandoko, “Analisis Tingkat Kematangan Tata Kelola TI pada Sistem Informasi Akademik menggunkan COBIT 5 (Studi Kasus : Sistem Informasi Akademik di STT Terpadu Nurul Fikri),” Jurnal Teknologi Terpadu, 2018.

S. Malik, "Enterprise Dashboard : Design and Best Practices For IT," 2005.

Rasmussen, Bansal dan Chen, "Business Dashboard : A Visual Catalog for Design and Development," New Jersey: John Wiley & Sons, 2009.

Yulia dan R. Fauzi, "Diktat Kuliah : Sistem Informasi Manajemen," Batam.

S. Ferdinandus, H. Wowor dan A. S. Lumenta, “Perancangan Aplikasi Surat Masuk dan Surat Keluar Pada PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttengo,” Teknik Elektro-FT, 2011.

K. Laudon dan J. Laudon, "Management Information System," Pearson Higher Education, 2010.

R. Stair dan G. Reynold , "Principles of Information Systems," Course Technology, Cengage Learning, 2010.

E. Hariyanti, “Pengembangan Metodologi Pembangunan Informasi Dashboard untuk Monitoring Kinerja Organisasi,” e-Indonesia Initiative, 2008.

S. Few, "Information Dashboard Design," 2006.

Ginting dan J. Arif, “Dashboard Information System,” 2018.

Nursyamsi, “Rekonstruksi Link and match dalam Dunia Pendidikan Islam,” Jurnal Pendidikan Iqra volume 2, 2014.

“Program Class Link & Match di STT Terpadu Nurul Fikri,” desember 2019. [Online]. Available: https://ais.nurulfikri.ac.id/news/16/program-class-link--match-di-stt-terpadu-nurul-fikri.

I. Handayani, H. Kusumahati dan A. N. Badriah, “Pemanfaatan Google Spreadsheet sebagai media pembuatan dashboad pada official site iFacility di Perguuan Tinggi,” 2017.