Analisis dan Pengembangan Sistem Reservasi Online untuk Wisata berbasis Website Studi Kasus Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Isi Artikel Utama

Rian Hardiansyah
Sirojul Munir

Abstrak

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor terbesar dan terkuat dalam perekonomian dunia. Salah satu tempat wisata pantai di Indonesia yang sering dikunjungi di provinsi DKI Jakarta adalah pantai kepulauan seribu. Pada penelitian ini dilakukan rancang bangun aplikasi reservasi wisata online berbasis web studi kasus di  Pulau Harapan, Kepulauan Seribu. Tahapan dalam pengembangan aplikasi ini meliputi pengumpulan data, analisis sistem, pengembangan aplikasi menggunakan metode waterfall dan perancangan sistem menggunakan diagram UML. Pada implementasi program menggunakan PHP Framework Laravel dan database MySQL. Pengujian fungsional sistem menggunakan Blackbox Testing, dan evaluasi sistem menggunakan UAT (User Acceptance Test) dan kuesioner oleh pengguna. Hasil pengujian fungsional menunjukan prototype aplikasi berjalan 100% dengan tingkat kelayakan penggunaan 91.42%, artinya aplikasi reservasi wisata Pulau Harapan layak dan dapat digunakan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hardiansyah, R., & Munir, S. (2020). Analisis dan Pengembangan Sistem Reservasi Online untuk Wisata berbasis Website Studi Kasus Pulau Harapan Kepulauan Seribu. Jurnal Informatika Terpadu, 6(1), 45-52. Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jit/article/view/268
Bagian
Artikel

Referensi

M T. P. P. P. C. S. K. W. C. D. P. Victoria Lelu Sabon, "Strategi Peningkatan Kinerja Sektor Pariwisata Indonesia pada Asean Economic Community," Jurnal Bisnis dan Manajemen, vol. Volume 8 (2), p. 164, 2018.

A. Razak and R. Suprihardjo, "Pengembangan Kawasan Pariwisata Terpadu di Kepulauan Seribu," JURNAL TEKNIK POMITS, vol. 2, 2013.

M. D. Ajie, "Pengertian Sistem Informasi Manajemen," p. 8, 26 November 1996.

R. Hidayat, "Website dan Perkembangannya," in Cara Praktis Membangun Website Gratis Memanfaatkan Layanan Domain dan Hosting Gratis, Jakarta, PT Elex MediA Komputindo, 2010, p. 2.

I. G. Handika and A. Purbasari, "Pemanfaatan Framework Laravel dalam Pembangunan Aplikasi E-Travel berbasis Website," Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018 STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, pp. 1329- 1334, 2018.

D. J. J. S. SY, "Mengenal Pariwisata," in Ekonomi Pariwisata Sejarah dan Prospeknya, pp. 15-22.

A. Sofwan, "Database MySQL dan Phpmyadmin," Belajar MySQL dengan Phpmyadmin, p. 2, 2007.

R. Pressman, "Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi," Buku Kedua, Yogyakarta: Andi, 2002.