Uji Performa dan Perbandingan RDBMS MySQL dan Hive-Hadoop

Isi Artikel Utama

Nurul Azizah
Henry Saptono

Abstrak

Banyaknya data yang berkembang pesat saat ini membutuhkan penyimpanan yang cepat pula, hal ini karena kebutuhan akan data juga sangat penting dan dalam mengakses pun membutuhkan waktu yang cepat pula, oleh karena itu kita perlu mengetahui sistem yang mendukung pemrosesan data besar atau big data dengan waktu yang cukup cepat. Kita perlu tau bagaimana performa dari sebuah sistem database yang relasional dan sistem yang memproses data secara tidak relasional. Adanya MySQL dan Hive-Hadoop bisa membuat kita menemukan sistem mana yang harus kita pakai untuk selanjutnya dalam menyimpan data dan memperoleh data yang diinginkan secara cepat. Penelitian analisa dan perbandingan ini ingin mengetahui bagaimana performa dari kedua sistem yakni antara MySQL dan Hive-Hadoop yang keduanya bisa mengakses data secara terstruktur. Penelitian ini akan dilakukan dengan metode percobaan dan memanipulasi lingkungan percobaan dengan virtualisasi komputer. Dengan kesimpulan bahwa Hive-Hadoop bisa lebih cepat untuk memproses data besar dibandingkan dengan MySQL, karena Hive-Hadoop menggunakan HDFS dimana file akan didistribusikan secara blok-blok file ke dalam komputer yang terhubung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Azizah, N., & Saptono, H. (2020). Uji Performa dan Perbandingan RDBMS MySQL dan Hive-Hadoop. Jurnal Informatika Terpadu, 6(1), 20-28. https://doi.org/10.54914/jit.v6i1.216
Bagian
Artikel

Referensi

S. Minarni, “Sistem Informasi Inventory Obat pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang,” Jurnal Momentum, p. 105, 2014.

F. P. H. H. Susanto, “Perbandingan Unjuk Kerja MySQL Cluster Versus MySQL Konvensional,” Yogyakarta, 2015.

W. S. D. S. Ida Bagus Teguh Teja Murti, Artist, “Analisa Perbandingan Kinerja DSMS dan RDBMS pada Studi Kasus Transaksi Online,” [Art], Institut Teknologi Sepuluh November.

A.E. T., “Rancangan Aplikasi Smart City berbasis Mobile untuk meningkatkan Kualitas Layanan Publik Studi Kasus Pemkot Bogor,” Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, Vol. 3, p.26, 2016.

K. S. Raste, “Big Data Analytics-Hadoop Performance Analysis,” in In Partial Fulfillment of the Requirements for Degree Master of Science in Computer Science, San Diego, 2014.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama