Penerapan E-Learning untuk meningkatkan Kegiatan Pembelajaran menggunakan LMS Moodle Studi Kasus STAI Al-Qudwah Depok

Isi Artikel Utama

Desyifa Fauziah
Suhendi

Abstrak

Perkembangan teknologi dan informasi di era globalisasi ini memberikan pengaruh yang besar terhadap berbagai aspek dalam kehidupan, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Seiring dengan perkembangan tersebut, kebutuhan akan suatu konsep serta mekanisme pembelajaran berbasis teknologi informasi pun semakin meningkat. Salah satu konsep pembelajaran berbasis teknologi informasi yaitu E-Learning. STAI Al-Qudwah merupakan salah satu sekolah tinggi yang masih bersifat konvensional, yang mana pertemuan tatap muka antar dosen dan mahasiswa menjadi syarat utama transfer ilmu pengetahuan. Hal tersebut menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam memperoleh materi perkuliahan ketika dosen berhalangan hadir. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan sistem E-Learning di STAI Al-Qudwah untuk membantu meningkatkan kegiatan pembelajaran. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara kepada pimpinan STAI Al-Qudwah serta kuesioner kepada dosen dan mahasiswa, perancangan sistem dengan membuat tampilan antarmuka, implementasi sistem E-Learning dengan menggunakan moodle serta penarikan kesimpulan dan saran. Hasil yang dicapai dari penelitian ini yaitu sistem E- learning dapat diimplementasikan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna berdasarkan hasil pengujian sistem dan hasil kuesioner kepada dosen dan mahasiswa, serta mampu membantu meningkatkan kegiatan pembelajaran di STAI Al-Qudwah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fauziah, D., & Suhendi, S. (2018). Penerapan E-Learning untuk meningkatkan Kegiatan Pembelajaran menggunakan LMS Moodle Studi Kasus STAI Al-Qudwah Depok. Jurnal Informatika Terpadu, 4(1), 19-22. Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jit/article/view/135
Bagian
Artikel

Referensi

M. Jenkins and J. Hanson, E-Learning Series: Guide for Senior Managers, LSTN Generic Center, 2003.

S.R. Chandrawati, Pemanfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran, Jurnal Untan, No.2, Vol.8, 2010.

R. Indrajit, Peranan Strategis Teknologi Informasi dalam Sistem Pendidikan Dasar dan Menengah, 2005.

M.M. Alhabahba and A. Ziden, E-Learning! The New Paradigma of Education: Factorial Analysis, International Journal of Humanities and Social Science, 2012.

R. Kurniawan, Membangun Media Ajar Online Untuk Orang Awam, Palembang: Maxikom, 2009.

J. W. Satzinger, et al., Systems Analysis and Design in a Changing World, Sixth ed, 2011.