Perancangan dan Implementasi Network Monitoring System berbasis Nagios menggunakan Notifikasi pada Layanan Telegram

Isi Artikel Utama

Christine Ayu
Henry Saptono

Abstrak

Jaringan komputer sudah menjadi sebuah kebutuhan yang utama bagi organisasi atau institusi dalam mendukung proses bisnisnya. Hal tersebut tentunya perlu diiringi dengan pengelolaan, pemeliharaan dan pemantauan secara terus menerus, agar ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diharapkan, pengelola jaringan akan lebih mudah dalam melakukan analisis perbaikan dan pemecahan masalah. Untuk itu diperlukan sebuah sistem atau software yang dapat meringankan dan mempermudah pengelola jaringan dalam melakukan tugasnya dalam memelihara dan memantau jaringan. Pemantauan dalam sistem ini, meliputi pemantauan status dari kondisi jaringan, performa dari komputer, kesehatan dari komputer server termasuk status berjalan dan tidaknya suatu layanan. Dengan adanya sistem tersebut, diharapkan dapat memberikan mekanisme alert (peringatan) kepada pengelola, ketika ada yang berpotensi akan menyebabkan kerusakan atau kegagalan pada jaringan. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan perancangan dan penerapan terhadap network monitoring system berbasis Nagios dengan dukungan notifikasi menggunakan Telegram. Pemanfaatan Telegram dalam penelitian ini bukan hanya sebagai alert dan notifikasi, namun juga untuk optimalisasi sebuah improvement yang dilakukan peneliti dari sistem network monitoring system yang tradisional. Dimana improvement tersebut berupa penerapan sistem pemantauan yang dapat dilakukan oleh network administrator melalui pengiriman command ke telegram menggunakan telegram bot. Kemudian, telegram bot akan mengakses informasi yang ada di network monitoring system berbasis Nagios yang diterapkan dalam penelitiaan ini. Sehingga pengelola jaringan tidak harus selalu memantau dashboard berbasis web, tetapi juga dapat tetap berinteraksi di Telegram.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ayu, C., & Saptono, H. (2018). Perancangan dan Implementasi Network Monitoring System berbasis Nagios menggunakan Notifikasi pada Layanan Telegram. Jurnal Informatika Terpadu, 4(1), 07-18. https://doi.org/10.54914/jit.v4i1.133
Bagian
Artikel

Referensi

F. B. Fatria, “Pengembangan Fitur Nagios untuk Pemantauan Jaringan Berbasis SMS (Short Message Service), Pekanbaru : Tugas Akhir, 2011.

H. Amnur. dkk, “Perancangan dan Implementasi Network Monitoring System Menggunakan Nagios dengan Email dan SMS Alert”, Padang : Tugas Akhir, 2014.

M. Syafrizal, “Pengantar Jaringan Komputer”, Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

E. Sutanta, “Pengantar Teknologi Informasi”, Graha ilmu Yogyakarta, 2005.

A. Kurniawan, “Implementasi Network Monitoring System (NMS) secara Visual pada Infrastruktur Jaringan Fisik Berbasis Web”, Makassar: Tugas Akhir 2012.

W. Barth, “Nagios System and Network Monitoring”, 2nd Edition, Open Source Press Gmbh, San Francisco , 2008.

G. Sastrawangsa, “Pemanfaatan Telegram Bot untuk Automatisasi Layanan dan Informasi Mahasiswa dalam Konsep Smart Campus”, Bali, 2017.

J. Joyner, “Python Programming For Beginners: Python Programming Language Tutorial”, First Published, United State of America, 2014.

M.P. Ninit Alfianika, “Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia”, Yogyakarta: Depublish, 2016.

M.P.Prof. Muri Yusuf, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan”, Jakarta: Kencana, 2014.

W. Kocjan, “Learning Nagios 4”, Birmingham: Packt Publishing Ltd, 2014.

Nagios. Nagios Core Documentation, 2016, [Online]. Available: https://www.nagios.org [diakses 23 Desember 2018]

E. Galstad, NRPE Documentation, 2007, [Online]. Available: https://assets.nagios.com/downloads/nagioscore/ docs/nrpe/NRPE.pdf [diakses 23 Desember 2018]

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama