Implementasi Kendali Intensitas Cahaya Lampu dengan Internet Of Things Berbasis Arduino Uno menggunakan Metode Fuzzy Logic
DOI:
https://doi.org/10.54914/jtt.v7i1.273Kata Kunci:
Mikrokontroler, AC Light Dimmer, HC-05, APP INVENTOR 2, AndroidAbstrak
Pengaturan intensitas cahaya lampu umumnya dilakukan dengan menggunakan prinsip menyalakan-mematikan untuk pengaturan penerangan lampu. Untuk itu pada prinsip menyalakan-mematikan tersebut didasari pada kondisi ruangan gelap maupun terang, tanpa dipengaruhi oleh lingkungan. Kondisi seperti ini mengakibatkan tidak efektif dan tidak fleksibel pada penggunaan daya listrik, sehingga dibutuhkan perubahan sistem pengendali intensitas cahaya dari sistem manual ke sistem otomatisasi dengan menerapkan metode fuzzy logic sebagai pengendali intensitas cahaya lampu. Sebagai komponen utama pengendali intensitas cahaya lampu menggunakan mikrokontroler arduino Uno dengan inputan data melalui sensor AC Light Dimmer dan Bluetooth HC-05 merupakan bagian dari perangkat keras, sedangkan perancangan perangkat lunak menggunakan algoritma pemrograman mobile dengan aplikasi APP INVERTOR 2 dan aplikasi Arduino IDE. Berikut kelemahan dari sistem yang dibuat yaitu cara menentukan metode penilaian parameter, dimana sistem tersebut menjadi tidak stabil dikarenakan respon pada perubahan respon yang sangat cepat dan mempunyai nilai parameter yang kecil. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuat salah satu alat pengendali elektronik kendali intensitas cahaya lampu, yang mana proses yang dilakukan meliputi pengaturan intensitas lampu secara bebas melalui koneksi bluetooth dari smartphone Android dengan mikrokontroler Arduino UNO sebagai pengatur arus listrik pada lampu oleh modul AC Light Dimmer.
Unduhan
Referensi
B. Guntur and G. M. Putro, “Analisis Intensitas Cahaya Pada Area Produksi Terhadap Keselamatan Dan Kenyamanan Kerja Sesuai Dengan Standar Pencahayaan,†Opsi, vol. 10, no. 2, p. 115, 2017, doi: 10.31315/opsi.v10i2.2106.
M. Irfan, L. P. Ayuningtias, and J. Jumadi, “Analisa Perbandingan Logic Fuzzy Metode Tsukamoto, Sugeno, Dan Mamdani ( Studi Kasus : Prediksi Jumlah Pendaftar Mahasiswa Baru Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung),†J. Tek. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 9–16, 2018, doi: 10.15408/jti.v10i1.6810.
H. Henny and S. Hapal, “Sistem Pengendali Lampu Listrik Berbasis Mikrokontroler Atmega328 Pada Smartphone Android,†Simtek J. Sist. Inf. dan Tek. Komput., vol. 1, no. 1, pp. 9–14, 2016, doi: 10.51876/simtek.v1i1.2.
M. S. Son, “Pengembangan Mikrokontroler Sebagai Remote Control Berbasis Android,†J. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 67–74, 2018, doi: 10.15408/jti.v11i1.6293.
F. Djuandi, “Pengenalan Arduino,†E-book. www. tobuku, pp. 1–24, 2011.
H. Prabowo and F. Arifin, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KENDALI FUZZY LOGIC BERBASIS ARDUINO NANO PADA MATA KULIAH PRAKTIK SISTEM,†vol. 3, no. May, pp. 39–45, 2018, doi: 10.21831/elinvo.v3i1.19739.
F. Wahab, A. Sumardiono, A. R. Al Tahtawi, and A. F. A. Mulayari, “Desain dan Purwarupa Fuzzy Logic Control untuk Pengendalian Suhu Ruangan,†J. Teknol. Rekayasa, vol. 2, no. 1, p. 1, 2017, doi: 10.31544/jtera.v2.i1.2017.1-8.
Y. S. Handayani and Y. Mardiana, “Kendali Robot Bluetooth Dengan Smartphone Android Berbasis Arduino Uno,†Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 3, pp. 331–337, 2018, doi: 10.33096/ilkom.v10i3.363.331-337.
R. D. Axel, X. Najoan, B. A. Sugiarso, J. T. Elektro-ft, and M. Manado, “Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Android Untuk Informasi Kegiatan Dan Pelayanan Gereja,†J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2017.
A. Mulyanto and Dkk, “Sistem Kendali Lampu Rumah Menggunakan,†J. TEKNOINFO, vol. 11, no. 2, pp. 48–53, 2017.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ramdani, Marisa, Carudin
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.