IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIOSHIP MANAGEMENT MENGGUNAKAN SUGARCRM DI STT TERPADU NURUL FIKRI

Penulis

  • ratih Septia Giri

DOI:

https://doi.org/10.54914/jit.v3i1.93

Abstrak

Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah pendekatan untuk menjalin hubungan atau interaksi antara perusahaan dengan pelanggan saat ini dan masa depan. Kegiatan ini dapat menggunakan teknologi untuk mengatur, mengotomatisasi, dan sinkronisasi penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, dan dukungan teknis. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Customer Relationship Management menggunakan SugarCRM di bagian pemasaran STT Terpadu Nurul Fikri, mengetahui proses kerja bagian pemasaran STT Terpadu Nurul Fikri sebelum mengimplementasikan Customer Relationship Management menggunakan SugarCRM dan merekomendasikan cara kerja setelah implementasi di bagian pemasaran STT Terpadu Nurul Fikri. Tahapan dalam penelitian ini adalah studi pendahuluan, analisis dan perancangan, implementasi, uji coba, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Customer Relationship Management dapat diimplementasikan di bagian pemasaran STT Terpadu Nurul Fikri menggunakan SugarCRM dengan media komunikasi Email. Proses kerja bagian Kemahasiswaan sebelum implementasi CRM berhasil dirumuskan dan beberapa rekomendasi cara kerja setelah proses implementasi disusun.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cynthiawati, D. (2004). Efektifitas CRM dari sudut pandang komunikasi pemasaran (studi kasus kartu prabayar GSM Simpati di Fakultas Ekonomi Universitas Jayabaya).

Dudung. (2015, 11 12). Pengertian Dan Karakteristik Customer Relationship Management (CRM). Retrieved Maret 07, 2017, from http://www.dosenpendidikan.com: http://www.dosenpendidikan.com/pengertian-dan-karakteristik-customer-relationship-management-crm/

Fikri, S. T. (2017, April 30). http://nurulfikri.ac.id. Retrieved from http://nurulfikri.ac.id/index.php/tentang-stt-nf/profil: http://nurulfikri.ac.id/index.php/tentang-stt-nf/profil

Kotler, P. (1997). Marketing Management 9e. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Mirza, S. (2006). Penerapan CRM sebagai alat penunjang dalam menghadapi persaingan kompetitif (studi kasus PT SM).

Rusmanto. (2013). Analisis Implementasi Aplikasi Manajemen Hubungan Pelanggan, Studi kasus PT NCI.

Whitehead, M. J. (2006). Implementing SugarCRM. Mumbai: Packt Publishing .

Diterbitkan

2017-01-01

Cara Mengutip

Giri, ratih S. (2017). IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIOSHIP MANAGEMENT MENGGUNAKAN SUGARCRM DI STT TERPADU NURUL FIKRI. Jurnal Informatika Terpadu, 3(1). https://doi.org/10.54914/jit.v3i1.93

Terbitan

Bagian

Jurnal Informatika Terpadu