IMPLEMENTASI ODOO DENGAN MODUL ACCOUNTING AND FINANCE DI SD ISLAM TUNAS MANDIRI

Penulis

  • STT Terpadu Nurul Fikri

Abstrak

SD Islam Tunas Mandiri merupakan sebuah sekolah yang mulai mengintegrasikan data-data yang dimilikinya untuk dielektronikkan baik dalam hal proses keuangan. Namun dalam pencatatan jurnal keuangan di SD Islam Tunas Mandiri masih bersifat manual. Hal ini menjadi masalah karena resiko kehilangan atau kerusakan data yang mungkin terjadi. Oleh sebab itu SD Islam Tunas Mandiri perlu adanya sebuah sistem untuk meminimalkan resiko tersebut. Sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah penerapan software Odoo berbasis Entreprise Resource Planning. Dimana sistem ini mampu menghubungkan berbagai macam modul ke dalam unit bisnis suatu perusahaan. Modul yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Modul Accounting and Finance. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan beberapa fitur yang terdapat dalam software Odoo, diantaranya: penginputan akun keuangan, penginputan data siswa, penginputan produk layanan sekolah, penginputan transaksi keuangan dan mencetak laporan keuangan. Pada penelitian ini diharapkan dapat menfasilitasi pencatatan jurnal keuangan di SD Islam Tunas Mandiri agar lebih tersistem

Referensi

Adityawijaya, H. (2016). Pengembangan Aplikasi SIMENTOR Untuk Mendukung Knowledge Sharing Pada Kegiatan Mentoring Keislaman di Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri. Depok.

Ahaddin, F. (2015, 06 28). Dumet School. Dipetik 05 20, 2016, dari Mengenal Use Case Diagram: https://www.dumetschool.com/blog/Mengenal-Use-Case-Diagram

Aisyah, S. K. (2016). Perancangan Sistem Enterprise Resources Planning Modul Accounting Odoo 9 Pada Pt. Aretha Nusantara Farm Dengan Metode Asap.

Almascaty, R. (2016). Implementasi Siklus Akuntasi Pada Modul Accounting and Finance Odoo Dengan Simulasi PT.Koperasi. Bogor, Indonesia.

Fajar, R. (2016, 05 02). Codepolitan. Dipetik 05 20, 2017, dari Mengenal Diagram UML (Unified Modeling Language): https://www.codepolitan.com/mengenal-diagram-uml-unified-modeling-language

Fess, W. R. (2005). Pengantar akuntansi Edisi 21. Jakarta: Salemba Empat.

Hendarti, H., Lisanti, Y., & Wijaya, Y. (2011). Studi Kelayakan Rencana Penerapan Software ERP (Enterprise Resource Planning). Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XIV.

Lia, A. (2014). Analisis Pengaruh Weighted Cost Of Capital (Wacc) Dan Penerapan Good Corporate Governance (Gcg)Terhadap Harga Saham Dan Perubahan Laba Perusahaan Dalam Daftar CGPI Yang Diterbitkan Iicg Dan Terdaftar Di Bei Periode 2004-2012.

Purwandari, N., & Kusumawati, A. (2015). Simulasi Penerapan Modul Sumber Daya Manusia Menggunakan Odoo Pada Perusahaan Konsultan. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.

Sembiring, A. D. (2014). Odoo / OpenERP 7.0 Untuk Industri Garment Indonesia: Strategi Implementasi. Dipetik 01 09, 2018, dari Google Books: https://books.google.co.id/books?id=0sloBQAAQBAJ&pg=PA78&lpg=PA78&dq=parent+account+adalah&source=bl&ots=2gpP5F-C-o&sig=tQe82MEhtLaqK6FB9UkzPxoRto0&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwidj7LZjd_YAhXGV7wKHfGgCRgQ6AEIPDAC#v=onepage&q&f=false

Suhendi. (2016). Perbandingan Modul Payroll Open ERP (Odoo) dengan Modul Payroll Adempiere. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri,.

Susanto, A. (2013). Implementasi Sistem ERP (Entreprise Resource Planning) PT Pos Indonesia : Sebuah Inisiasi dan Strategi. 168.

Diterbitkan

2017-01-01

Terbitan

Bagian

Jurnal Informatika Terpadu